27.1 C
Banda Aceh
Minggu, Oktober 17, 2021

Ini Kata PIM Soal Ketersediaan Pupuk dan Program Agro Solution

LHOKSEUMAWE – PT PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menjamin ketersediaan pupuk urea bersubsidi untuk petani dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional. PIM juga mengelontorkan program Agro Solution sebagai antisipasi jika ke depan subsidi pupuk akan dicabut pemerintah.

Hal itu disampaikan Direktur Keuangan & Umum PT PIM Rochan Syamsul Hadi pada “Dialog Suara Publik TVRI Banda Aceh”, di Kompleks Perumahan PT PIM, Aceh Utara, Sabtu, 7 Agustus 2021.

Rochan menjelaskan industri pupuk merupakan salah satu sektor strategis yang dapat memacu pertumbuhan ekonomi secara nasional. Oleh sebab itu, industri pupuk berperan penting dalam mendorong peningkatan produksi pertanian secara nasional sehingga bisa mendukung program ketahanan pangan nasional. Upaya yang dilakukan industi pupuk adalah untuk mempertahankan swasembada pangan nasional.

Menurut Rochan, Aceh Utara merupakan kabupaten yang mempunyai lahan sawah paling luas di Aceh mencapai 38.417 hektare. PIM merupakan mitra pemerintah dalam hal ini Dinas Pertanian Aceh Utara.

PIM menyiapkan kebutuhan pupuk urea secara nasional sesuai permintaan dari pemerintah serta menyiapkan jalur distribusi dari lini I produsen, lini II ke gudang-gudang distributor di kabupaten/kota hingga lini III sampai lini IV yaitu kios-kios.

“Pupuk urea harus tepat sasaran karena pendistribusian pupuk bersubsidi ini juga diawasi oleh pemerintah. Yang berhak mendapatkan pupuk bersubsidi adalah petani yang sudah terdaftar dalam e-RDKK. Bagi petani yang tidak terdaftar dalam RDKK tidak bisa kita layani karena menyalahi aturan,” ujar Rochan.

Rochan menegaskan PIM siap mensupport kebutuhan pupuk urea bersubsidi sesuai alokasi yang ditetapkan pemerintah. Berdasarkan data dua tahun terakhir ada peningkatan alokasi pupuk urea besubsidi. Tahun 2019 Aceh Utara mendapat alokasi pupuk urea bersubsidi 6.700 ton, realiasi 92%. Tahun 2020 ada penambahan alokasi 9.978 ton, realiasi nya 100%. Tahun 2021 ini meningkat menjadi 12.000 ton.

“Kebutuhan pupuk urea bersubsidi untuk petani selalu lebih tinggi dibandingkan dari alokasi yang berikan pemerintah. Untuk itu PT Pupuk Iskandar Muda menyiapkan pupuk urea nonsubsidi sebagai alternatif seandainya petani sudah menebus pupuk bersubsisi hingga mencapai 100% namun petani masih membutuhkan pupuk,” tutur Rochan.

Rochan menambahkan, PIM juga mengelontorkan program Agro Solution—yang dicanangkan PT Pupuk Indonesia sebagai induk usaha PIM—sebagai antisipasi jika ke depan subsidi pupuk akan dicabut pemerintah. Kegiatan ini sebagai langkah transformasi bisnis di mana selama ini PIM hanya menyalurkan pupuk bersubsidi.

Agro Solution ini merupakan program yang mengintegrasikan penyediaan pupuk komersil, benih dan pestisida, akses permodalan dari perbankan, kepastian pembeli hasil panen (off taker), hingga jaminan asuransi jika terjadi gagal panen.

“Semua pihak mulai dari perbankan, pemilik modal, offtaker, dan tenaga penyuluhan dari dinas pertanian sehingga dengan program ini petani diuntungkan sehingga roda perekonomian bisa tumbuh dengan baik dan menunjang usaha pemerintah dalam mencapai kemandirian dan ketahanan pangan nasional,” kata Rochan.

Meurut Rochan, dalam program Agri Solution, PIM bekerja sama dengan pihak Korem 011 Lilawangsa akan menggarap lahan seluas 100 hektare. “Saat ini kita baru mulai melakukan uji tanah dengan tujuan agar mengetahui kandungan tanah sehingga tepat dalam pemupukan nantinya,” kata dia.

Plt. Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara, Erwandi, M.Si., juga hadir sebagai narasumber pada dialog itu mengatakan sektor pertanian memegang peranan terbesar dalam penerimaan PDRB Aceh Utara. Tahun 2020 lalu kontribusi sektor pertanian terhadap PDRB Aceh Utara mencapai 36,38% dibandingkan sektor lainnya.

“Kontribusi sektor pertanian terhadap pembangunan di Aceh Utara sangat dominan, 65% masyarakat Aceh Utara bergerak di sektor pertanian baik sebagai petani tanaman palawija, tanaman pangan seperti padi, jagung dan kedelai, peternak ataupun petani hortikultura,” kata Erwandi.

Erwandi menyebut Aceh Utara merupakan kabupaten yang memiliki desa terbanyak di seluruh Indonesia yaitu 852 desa. Oleh sebab itu, Dinas Pertanian Aceh Utara telah menetapkan alokasi pupuk bersubsidi untuk tahun 2021 sebesar 23.303 ton yang terdiri dari pupuk urea 12.000 ton, SP-36 sebanyak 1.700 ton, pupuk ZA 1.400, NPK 7.000 dan pupuk Organik Granul1.200 ton.[](ril)

Berita Terkait

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

BERITA POPULER

Terbaru

Alhamdulillah, Kafilah Subulussalam Juara Umum MQK Tingkat Provinsi Aceh

SUBULUSSALAM - Kafilah Kota Subulussalam berhasil meraih juara umum pada event Musabaqoh Qiraatil Kutub...

Ini Respons Kuasa Hukum Dinas PUPR Soal Gugatan Rekanan Gedung Kesenian Lhokseumawe

LHOKSEUMAWE - Dinas PUPR Lhokseumawe belum memberikan penjelasan soal belum dibayarnya sisa pekerjaan 25...

Babak Kualifikasi Musabaqah Qiraatil Kutub II Aceh Tuntas

BANDA ACEH – Babak kualifikasi Musabaqah Qiraatil Kutub (MQK)-II Aceh yang digelar di Kompleks...

Kemal Attaturk Dinilai Tidak Pantas Dijadikan Nama Jalan di Indonesia

BANDA ACEH – Rencana pemerintah menabalkan nama tokoh sekuler Turki Kemal Attaturk sebagai nama...

Aceh Hari Ini: Rakyat Aceh Rebut Perusahaan Numora Jepang

Pada 16 Oktober 1945, perusahaan perkebunan Jepang, Numora yang mengelola sembilan perkebunan besar di...

Rekanan Pembangunan Gedung Kesenian Lhokseumawe Tahap II Gugat Dinas PUPR ke Pengadilan

LHOKSEUMAWE - Wakil Direktur III CV Muhillis & Co., Rustam (58), melalui kuasa hukumnya,...

Aceh dan Sumut Bersiap Helat PON 2024

PAPUA – Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, diwakili Sekretaris Daerah Aceh, Taqwallah, bersama Gubernur Sumatera...

Pengacara Warga Krueng Luas Minta Polisi Tetapkan Bupati Aceh Selatan Sebagai Tersangka

BANDA ACEH - Muhammd Reza Maulana, S.H., kuasa hukum atau pengacara Jasman HR., warga...

Jabatan Keuchik Gampong Paya Bilie Lhokseumawe Lowong

LHOKSEUMAWE - Jabatan Keuchik Gampong Paya Bilie, Kecamatan Muara Dua, Kota Lhokseumawe, lowong. Pasalnya,...

‘Kasus Tanggul Cunda-Meuraksa Mangkrak Bisa Mencoreng Institusi Kejaksaan’

LHOKSEUMAWE – Pemerhati hukum, Muji Al-Furqan, S.H., turut menyoroti Kejaksaan Negeri Lhokseumawe yang hingga...

Aceh Hari Ini: Ulama Aceh Mengeluarkan Maklumat Perang Sabil

Pada 15 Oktober 1945, ulama Aceh menggelar muzakarah  membahas upaya-upaya mengakhiri kekuasaan Jepang, dan...

Program TMMD Selesai, Walkot Bintang Resmikan Jalan Tembus Darussalam-Singkohor

  SUBULUSSALAM - Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang, S.E meresmikan pemakaian jalan tembus...

Kasus Korupsi di Dinas Syari’at Islam Gayo Lues Dilimpahkan ke PN Tipikor Banda Aceh

BLANGKEJEREN - Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Gayo Lues telah melimpahkan berkas perkara...

Begini Kondisi Terkini Wastafel Disdik Provinsi di SMA/SMK Aceh Utara dan Lhokseumawe

ACEH UTARA – Pengadaan ratusan wastafel dan sumur bor oleh Dinas Pendidikan Provinsi Aceh...

Harga Kopi Gayo Naik Lagi, Ini Daftar Terbaru

BLANGKEJEREN - Harga gabah kopi gayo di Kabupaten Gayo Lues kembali mengalami lonjakan. Harga...

Kasus Tanggul Cunda-Meuraksa: ‘Tugas Kejari Menegakkan Hukum, Bukan Bicara Untung-Rugi’

LHOKSEUMAWE – LSM Gerakan Transparansi dan Keadilan (GerTaK) kembali mempertanyakan perkembangan kasus dugaan korupsi...

Aceh Hari Ini: Show of Force Pejuang Aceh Melawan Jepang

Usai salat hajat dan salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman, Residen Aceh Teuku Nyak...

UAS Resmikan Pesantren Darul Affani, Ziarah ke Oboh, Hadiri Peringatan Satu Dekade PMDR

SUBULUSSALAM - Ustadz Abdul Somad (UAS) meresmikan Pondok Pesantren Darul Affani Desa Harapan Baru,...

‘PLTU Lhoknga tak Beroperasi, PT SBA Berpotensi Rugikan Keuangan Negara 15 Miliar/Hari’

BANDA ACEH - Direktur Koalisi NGO HAM Aceh, Zulfikar Muhammad, menemukan data baru terkait...

Kempo Tambah Medali Emas untuk Aceh

SENTANI – Perjuangan keras kenshi (atlet kempo) di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX...
Butuh CCTV, dapatkan di ACEH CCTV. ALAMAT: Jln Tgk Batee Timoh lr Peutua II, Gampong (Desa) Jeulingke, Kecamatan Syiah Kuala, Kota Banda Aceh, Aceh. Kode Pos 23114. TLP/WA : 0822.7700.0202 (MUSRIADI FAHMI). Taqiyya Cake and Bakery, Tersedia: Brownies, Bolu pandan, Bolpis, Bolu minyak, Bolu Sungkish, Ade, Donat, Serikaya, Raudhatul Jannah (082269952496), Perum Gratama Residence No 5 Mibo Lhoong Raya Banda Aceh. Kunjungi Showroom Honda Arista. Jl. Mr. Teuku Moh. Hasan No.100, Lamcot, Kec. Darul Imarah, Kabupaten Aceh Besar, Aceh 23242. Hubungi: No Tlp/WA : 082236870608 (Amirul Ikhsan). Kunjungi Usaha Cahaya Meurasa/ Kue Kacang Alamat: Perumahan Cinta Kasih, Gampong (Desa) Neuheun, Kec. Masjid Raya, Aceh Besar. Tersedia Kue Malinda/Kacang dan Nastar. Hubungi TLP/WA: 085277438393 (Nurjannah) - Bimbel Metuah, Almt: Jl. Seroja No. 5, Ie Masen Kayee Adang, Ulee Kareng, Banda Aceh. HP/WA: 0823 6363 2969 (Ola). Instagram: @bimbelmetuah @metuah_privat