Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
BerandaNewsIni Kenapa Pria...

Ini Kenapa Pria Langsung Tertidur Setelah Hubungan Intim

Wanita, pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa pasangan Anda sepertinya langsung tertidur lelap setelah sesi hubungan intim usai? Ya, Anda tidak sendirian.

Untuk mencari tahu kenapa pria bisa langsung tertidur setelah sebelumnya sangat enerjik di ranjang, Women's Health menanyakan kepada ahlinya, W. Christopher Winter M.D., spesialis tidur dari Men's Health.

Menurut Winter, dikutip Selasa (23/2/2016), rasa mengantuk pria ini disebabkan oleh hormon prolaktin. Sesudah seks, produksi prolaktin mengalahkan dopamin–neurotransmitter yang menstimulasi sehingga Anda tetap terjaga. Tubuh pria memproduksi hormon ini sesudah seks, begitu juga tubuh wanita, namun dalam jumlah yang jauh lebih sedikit.

Hormon bahagia, oksitoksin juga melonjak saat seks, yang kemudian membantu mengusir pikiran pembuat stres sehingga membuat pria rileks dan bisa langsung tertidur. Dan, jika Anda tertidur dengan lampu padam, hal ini akan memberi sinyal pada tubuh bahwa sudah waktunya tidur. Ketika hal ini terjadi, hormon melatonin pada tubuh pria akan memulai siklus tidur.

Ketika prolaktin, oksitosin dan melatonin muncul bersamaan, ketiga hormon ini sama ampuhnya dengan pil tidur yang kuat. Yang artinya, tubuh pria berada dalam kondisi siap tertidur nyenyak.

Hal ini mungkin menyenangkan untuk pria, namun bagi wanita–yang masih ingin berpelukan, melakukan pekerjaan lain, atau melakukan apa saja selain tidur–harus meladeni pasangan yang mengantuk dan terlihat seperti zombie tidaklah menyenangkan.

Untuk menjauhkan tidur sebagai kegiatan sesudah seks, pastikan Anda memilih posisi seks yang tidak horizontal. Karena, berbaring memberikan sinyal pada tubuh waktu tidur sudah tiba.

Cara lain untuk menjauhkan tidur lelapnya: bercintalah dengan lampu menyala. Dengan cara ini, siklus tidurnya tidak akan dimulai, jelas Winter.

Tip terakhir dari Winter adalah, segera meninggalkan ranjang begitu sesi bercinta selesai. Sepanjang hidup, otak sudah mengasosiasikan ranjang sebagai tempat untuk tidur. Jadi, bisa dikatakan mustahil bagi pria untuk tidak jatuh tertidur jika Anda berdua hanya berbaring diam di atas kasur.

Jika masih ingin berpelukan, mungkin Anda berdua bisa pindah ke sofa di depan TV.[] Sumber: liputan6.com

Baca juga: