Senin, Juli 15, 2024

Kapolres Aceh Utara AKBP...

LHOKSUKON - AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., kini resmi mengemban jabatan Kapolres...

Temuan BPK Tahun 2023...

BLANGKEJERN - Badan Pemeriksa Keungan (BPK) Perwakilan Aceh menemukan kelebihan pembayaran pada anggaran...

Pj Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan surat keputusan (SK) tentang...

Kadispora Lhokseumawe Apresiasi Pejuang...

LHOKSEUMAWE - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVII Provinsi Aceh di Aceh Timur...
BerandaIni Penampakan Si...

Ini Penampakan Si Burung Besi Karya Anak Negeri

BANDUNG – Pesawat buatan dalam negeri, N219, direncanakan uji terbang perdana di langit Bandung, Jawa Barat, pada Rabu, 16 Agustus 2017. Tim mekanik dan pejabat PT Dirgantara Indonesia memeriksa kesiapan layak terbang pesawat itu.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA.co.id di lokasi, pesawat fixed wing itu akan diterbangkan oleh dua pilot uji PT Dirgantara Indonesia, Easter dan Andi Budi.

“Nanti di dalam itu ada empat orang. Dua pilot uji dan dua flight test engeener, Dono dan Ikbal,” kata Asisten Khusus Pengembangan Pesawat PT Dirgantara Indonesia, Andi Alisjahbana.

Untuk mengetahui ketahanan dan batasan kualitas pesawat, Andi menjelaskan, petugas menempatkan empat kamera dan sensor kinerja seluruh perangkat dan mesin pesawat.

“Instrument ini adalah uji coba. Di dalam ada empat kamera, ditempatkannya di ekor bagian tengah, dua di ujung sayap dan di bagian bawah tengah perut pesawat,” katanya.

Mengenai kualitas kontrol, petugas juga memasangkan 150 alat sensor di berbagai bagian badan pesawat. Sensor-sensor itu berfungsi mengirimkan informasi umpama ada bagian yang goyang atau tidak beres.

Meski banyak harapan, PT Dirgantara Indonesia juga tetap mengutamakan keamanan bagi awak di pesawat. “Ini uji coba ya, ada peralatan keselamatan, semua pake parasut,” katanya.[]Sumber:viva

Baca juga: