Jumat, Juli 19, 2024

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...

Diterjang Badai, Lapak Pedagang...

ACEH UTARA - Banyak lapak pedagang dan warung di sepanjang jalan Simpang Rangkaya,...
BerandaJangan Diabaikan, 4...

Jangan Diabaikan, 4 Tanda Sistem Imun Mulai Menurun

Meningkatnya kasus COVID-19 membuat masyarakat semakin harus waspada dalam menjaga sistem imun mereka. Berdasarkan penelitian, orang yang memiliki sistem imun yang lebih lemah, rentan terkena infeksi virus corona baru.

Berikut ini empat tanda untuk mengenali menurunnya imunitas tubuh seperti dilansir dari laman Times of India.

Sering sakit dan butuh waktu lebih lama untuk sembuh

Memiliki sistem imun yang lemah membuat tubuh sulit untuk menangkal bakteri, jamur, virus berbahaya, akibatnya kamu menjadi lebih rentan terkena infeksi.

Menurut para ahli, jika kamu kedinginan lebih dari tiga kali dalam setahun dan membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh, bisa menjadi indikasi bahwa sistem kekebalan kamu tidak berfungsi dengan baik. Hal yang sama berlaku untuk semua jenis luka yang membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh.

Merasa sangat lelah

Jika Anda merasa lelah bahkan setelah tidur lebih lama, itu bisa menjadi tanda bahwa sistem kekebalan sedang menurun. Sistem kekebalan yang lemah membutuhkan lebih banyak energi daripada biasanya. Tubuh akan membutuhkan lebih dari tingkat energi normal untuk terus melawan infeksi. Akibatnya, kamu mungkin merasa lelah sepanjang waktu.

Masalah perut

Menurut Universitas John Hopkins, sebagian besar sistem kekebalan tubuh terletak di usus kita. Saluran gastrointestinal kita memiliki bakteri baik yang melepaskan antibodi untuk melawan infeksi.

Bakteri usus juga berperan besar dalam pencernaan.  Jadi, jika Anda sering mengalami masalah perut seperti diare atau sembelit, itu bisa jadi pertanda Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah.

Sariawan

Stres juga dapat menyebabkan sariawan, yang juga merupakan tanda sistem kekebalan yang melemah. Maka dari itu penting untuk mulai menjaga daya tahan tubuh. Banyak cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas mulai dari tidur yang cukup, olahraga yang cukup, hingga menekan faktor stress.

Selain itu juga penting untuk mengonsumsi makanan yang bernutrisi, dan menghindari makanan seperti daging setengah matang, makanan yang diolah dengan cara dibakar. 

Di sisi lain, sejumlah klinik belakangan juga menawarkan paket kesehatan seperti suntik vitamin. Salah satunya adalah klinik Aura Dermatology by DNI Skin Centre milik Aura Kasih. 

Klinik kecantikan ini menghadirkan perawatan kesehatan yang berkonsep wellness. Dalam artian, perawatan tidak hanya diberikan pada bagian luar tubuh, namun juga kesehatan secara menyeluruh.

“Jadi di klinik Aura Dermatology by DNI Skin Centre ini tidak hanya perawatan yang sifatnya estetika saja. Di era pandemi dan adaptasi new normal, kita juga menyediakan pelayanan kesehatan menyeluruh mulai dari vaksin hingga immune booster,” ungkap Aura Kasih, selaku Direktur Aura Dermatology by DNI Skin Centre seperti yang dikutip dari siaran pers yang diterima VIVA.

Aura Kasih mengatakan, layanan kesehatan yang bisa dilakukan di kliniknya antara lain vaksinasi kanker serviks, vaksinasi meningitis, hingga vaksinasi influenza. Selain itu, ada pula pelayanan suntik vitamin C hingga immune booster yang bisa dilakukan dengan perjanjian.

“Misalnya mau vaksin tapi takut ke rumah sakit, tidak ingin antre karena ramai, di klinik kita bisa melayani,” ujar dia.[]sumber:viva

Baca juga: