BerandaBerita SubulussalamDi Hadapan Disbudpar Aceh, Kabid Pariwisata Subulussalam Paparkan Keindahan Arung Jeram Lae...

Di Hadapan Disbudpar Aceh, Kabid Pariwisata Subulussalam Paparkan Keindahan Arung Jeram Lae Kombih

Populer

SUBULUSSALAM – Kepala Disporapar Kota Subulussalam melalui Kabid Pariwisata Zulkarnain, S.T menghadiri Pembukaan Pelatihan pengelola wisata Arung Jeram yang dilaksanakan oleh Disbudpar Aceh, Selasa 20 Juni 2023 di Hermes One Hotel Kota Subulussalam.

Pelatihan ini melibatkan pembicara ahli di bidang pariwisata Arung Jeram, seperti Insuhendang Iranto, Surypaty Rully Buce, dan Ahmad Yasin. Peserta yang terlibat berasal dari berbagai Kabupaten/Kota di Aceh, turut menghadiri acara ini di antarannya Aceh Tenggara, Aceh Tengah, Bener Meriah, Bireun, Pidie dan Kota Subulussalam.

Dalam kesempatan itu, Kabid Pariwisata Zulkarnain memaparkan bahwa Kota Subulussalam merupakan salah satu daerah yang mempunyai potensi yang besar terhadap pengembangan wisata Arung Jeram yaitu berlokasi di Lae Kombih.

Penampakan Arung Jeram Lae Kombih, salah satu destinasi wisata di Kota Subulussalam yang kerap dikunjungi wisatawan dari dalam maupun luar negeri. foto. dok: wisata kota subulussalam

Zulkarnain menyebutkan di lokasi tersebut wisatawan akan disuguhkan panorama alam yang sangat indah seperti pemandangan gunung-gunung yang menghijau di sepanjang Arung Jeram mulai dari kedabuhan sampai Sikelang.

Selain itu, kata Zulkarnain yang juga Ketua Wisata Kota Subulussalam (WKS) ini bilang saat wisatawan menjajal Arung Lae Kombih, mereka juga dapat menikmati keindahan alam lainnya seperti air terjun saat mengarungi Arung Jeram Lae Kombih, seperti Air Terjun Kedabuhan, Kedabuhan 2, dan Air Terjun Bidadari.

Pesona keindahan Air Terjun Bidadari sebagai tempat singgah saat mengarungi Arung Jeram Lae Kombih. Foto: wisata kota subulussalam

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal, melalui Kepala Bidang Destinasi Munawir Arifin mengatakan, tujuan dari pelatihan ini adalah untuk memastikan pemandu dan pengelola Arung Jeram di Aceh dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk memberikan pengalaman yang aman, nyaman, dan luar biasa bagi wisatawan yang berkunjung ke Aceh.

Selain itu, munawir menjelaskan pelatihan pengelolaan wisata arung Jeram sebagai peningkatan keterampilan dan pengetahuan peserta dalam memberikan pengalaman profesional dan tak terlupakan bagi wisatawan.

“Pariwisata petualangan, seperti arung jeram, semakin populer karena menawarkan pengalaman yang unik dan menegangkan bagi para pelancong,” ujar Munawir

Menurutnya, Sebagai salah satu provinsi dengan sumber daya alam yang melimpah dan atraksi yang beragam, Aceh memiliki potensi untuk menjadi destinasi unggulan bagi para pecinta arung Jeram.

“Melalui pelatihan ini akan ditetapkan standar yang tinggi untuk pariwisata arung jeram di wilayah ini dan menjadi contoh bagi operator lainnya,” ujar Munawir. (Disporapar)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya