BerandaBerita AcehKapolres Aceh Utara Resmikan Musala Al-Mulk di Sarah Raja

Kapolres Aceh Utara Resmikan Musala Al-Mulk di Sarah Raja

Populer

ACEH UTARA – Kapolres Aceh Utara AKBP Deden Heksaputera, bersama Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, dan rombongan kembali berkunjung ke Dusun Sarah Raja, di pedalaman Gampong Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, Rabu, 3 April 2024.

Kunjungan bertepatan pada 23 Ramadan 1445 Hijriah itu dilaksanakan dalam rangka silaturahmi, sekaligus meresmikan selesainya pembangunan musala yang telah dibangun secara swadaya dari jajaran Polres Aceh Utara sejak Agustus 2023. Selain itu, dilakukan kegiatan Bansos berupa pengobatan gratis serta pemberian santunan kepada masyarakat setempat.

Peresmian itu dilakukan dengan penandatanganan prasasti peresmian pembangunan Musala Al-Mulk Sarah Raja, dan pemotongan pita oleh Kapolres Aceh Utara bersama Danrem 011/Lilawangsa.

Deden Heksaputera dalam sambutannya menyampaikan konsep mendirikan masjid/musala bukan hanya sebagai tempat beribadah atau tempat berkumpul, namun juga memiliki peran untuk membangkitkan kekuatan rohaniah dan iman baik.

“Musala di Sarah Raja itu dinamakan Al-Mulk yang diartikan kerajaan, sesuai yang tercantum dalam surat Al-Mulk merupakan surah ke-67 dalam Alquran, terdiri dari 30 ayat yang memberikan syafaat untuk yang membacanya, surat pencegah dari azab kubur (Al-Maniah) dan penyelamat dari azab kubur (Al-Munyiyat),” kata Deden.

Deden menambahkan pembangunan Musala Al-Mulk itu dimulai dengan peletakan batu pertama pada Agustus 2023 bersama unsur Forkopimda. Sedangkan biaya pembangunan musala tersebut bersumber dari sumbangan seluruh personel di jajaran Polres Aceh Utara, dan juga bantuan Danrem 011/Lilawangsa yang dengan tulus memberikan kontribusi kerja sama serta gotong royong yang kuat, sebagai wujud kebersamaan dan kepedulian terhadap kebutuhan spiritual masyarakat di Dusun Sarah Raja, Gampong Lubok Pusaka, Kecamatan Langkahan.

“Saya berharap Musala Al-Mulk ini insya Allah dapat memancarkan cahaya Islam, menjadi pusat kegiatan keagamaan dan spiritual bagi masyarakat setempat serta menjadi tempat yang memberikan kedamaian dan ketenangan bagi para jemaah dalam melaksanakan ibadah, yang mempersatukan masyarakat dan kerukunan umat,” ungkap Deden.

Kepala Dusun Sarah Raja,
Zulkifli, mengatakan pihaknya sangat bahagia atas bantuan dari jajaran Polres Aceh Utara selama ini. Karena masyarakat di sini sudah lama merindukan musala untuk dapat digunakan dalam melaksanakan ibadah. Diharapkan pula perhatian pemerintah untuk kepentingan akses jalan menuju Sarah Raja, karena tempat ini merupakan pelosok paling jauh di Aceh Utara sehingga masyarakat sulit dalam mencari keperluan dan kegiatan sehari-hari.

“Kami sangat berterima kasih atas semua bantuan atau sumbangan dari proses pembangunan musala maupun bantuan lainnya kepada kami masyarakat Dusun Sarah Raja yang sudah menjadi perhatian dari bapak-bapak semua terhadap desa kami,” ujar Zulkfili.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan bantuan lainnya oleh Kapolres berupa Alquran, iqra, yasin, mukena, kain sarung, sajadah panjang, sajadah imam, mimbar, kain kafan, dan lemari.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya