Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaNewsKepala BPBD Adita:...

Kepala BPBD Adita: Jumlah Rumah Rusak Akibat Puting Beliung Bertambah Jadi 31


SUBULUSSALAM – Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kota Subulussalam, Adita mengatakan jumlah rumah masyarakat rusak akibat angin puting beliung Minggu, 24 Januari 2021 kemarin sore bertambah menjadi 31 rumah.

“Data sementara saat ini jumlah yang rusak akibat puting beliung sebelumnya 30 bertambah 1 jadi 31, ini pun masih sementara karena tim terus mendata perkembangan di lapangan,” kata Plt Kepala BPBD Kota Subulussalam, Adita kepada portalsatu.com, Senin, 25 Januari 2021.

Kerusakan rumah warga akibat puting beliung tersebar di dua desa yakni kompleks perumahan bidadari Desa Penanggalan Timur sebanyak 10 unit dan Desa Penuntungan sebanyak 21 unit. Kedua desa tersebut berada di Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam.

Banyaknya rumah masyarakat yang rusak di dua desa bertetangga tersebut disebabkan pusat pusaran angin puting beliung yang terjadi Minggu kemarin berada di Kecamatan Penanggalan, Khususnya Penanggalan Timur.

Adita menyebutkan, Tim Reaksi Cepat (TRC) Tanggap Darurat BPBD Kota Subulussalam hari ini kembali menyisir wilayah terpencil dan pedalaman di dua desa tersebut untuk mendata rumah masyarakat yang terdampak puting beliung.

“Mungkin di daerah terpencil tidak ada Singal laporan belum masuk ke BPBD. Biasa ada yang ngaku itu, pohon tumbang atap rumah rusak akibat puting beliung. Itu Tim TRC hari ini kembali menyisir wilayah terpencil,” ungkap Adita.

Menurut Adita, pihaknya terus melakukan pendataan untuk memperoleh data akurat berapa jumlah rumah masyarakat yang terdampak akibat puting beliung sesuai kategori kerusakan masing-masing apakah atap atau badan rumah yang roboh akibat ditimpa pohon.

Pemerintah Kota Subulussalam melalui BPBD akan memberikan bantuan material berupa seng dan papan untuk memperbaiki rumah masyarakat yang rusak akibat puting beliung.

“Setelah data real jumlah keseluruhan
kita terima baru buat pengajuan. Kategorinya rusak berat, sedang dan ringan, semua kita bantu. Kalau rusak atapnya ganti atap, rusak papan ganti papan,” kata Adita.

Salain bantuan material bangunan, BPBD bersama Dinas Sosial Kota Subulussalam akan segera menyerahkan bantuan kebutuhan dasar sembako kepada korban puting beliung di Kampong Penanggalan Timur dan Penuntungan.

Rencananya bantuan tersebut akan diserahkan langsung Wali Kota Subulussalam, H. Affan Alfian Bintang sore nanti bersama Dinas Sosial Kota Subulussalam.

Baca juga: