Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaKeutamaan Baca Doa...

Keutamaan Baca Doa Usai Dengar Azan, Jangan Diabaikan

Azan sudah menjadi hal yang biasa bagi umat Islam terutama di Indonesia. Setiap hari, kita selalu mendengar kumandang azan lima kali.

Kita pun kerap mendengar rekaman doa usai azan diputar baik di televisi maupun radio. Hal ini berkaitan dengan dianjurkannya membaca doa usai azan berkumandang.

Karena saking biasanya, mungkin ada dari kita yang mengabaikan doa usai azan. Padahal, terdapat keutamaan begitu besar di balik amalan ini.

Doa usai azan dapat mendatangkan kemuliaan bagi seseorang di akhirat kelak. Dengan melafalkan doa ini, seseorang akan mendapatkan syafaat (pertolongan) dari Rasulullah Muhammad SAW.

Hal ini seperti tertuang dalam hadis riwayat Imam Bukhari.

Dari Jabir bin Abdillah RA berkata, Rasulullah Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca doa ketika selesai azan, maka ia akan mendapatkan syafaat di hari kiamat.”

Lewat hadis ini, Rasulullah SAW mengingatkan umat Islam akan pentingnya membaca doa usai azan. Meskipun terkesan sepele, manfaatnya begitu besar di hari Kiamat kelak.

Syafaat Rasulullah diberikan karena rasa cinta yang tinggi umat kepada Sang Nabi. Kedua, karena seseorang mau mengikuti sunah Rasulullah baik berupa perkataan, perbuatan, maupun ketetapannya.[]Sumberdream.co.id/islami.co

Baca juga: