BerandaBerita Aceh UtaraKontrak Berakhir, Proyek Kantor Bappeda Aceh Utara Masih Dikerjakan

Kontrak Berakhir, Proyek Kantor Bappeda Aceh Utara Masih Dikerjakan

Populer

ACEH UTARA – Pembangunan Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Aceh Utara di Lhoksukon belum rampung. Masa kontrak proyek bersumber dari APBK tahun 2022 di bawah Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) Aceh Utara itu sejak 4 Juli hingga 30 Desember 2022 alias telah berakhir, tapi sekarang masih dikerjakan.

Pantauan portalsatu.com, Jumat, 6 Januari 2023, pada papan di lokasi proyek itu tertulis nama perusahaan rekanan pelaksana: PT Traya Anggun Permai. Namun, tidak dicantumkan jumlah anggaran pembangunan kantor Bappeda tersebut.

Data pada LPSE Aceh Utara, pagu proyek Pembangunan Kantor Bappeda Aceh Utara tahun 2022 Rp12,3 miliar lebih. Pemenang tender PT Traya Anggun Permai, beralamat di Lhokseumawe, harga kontrak Rp12.260.864.000.

Meskipun sudah habis masa kontrak, di lapangan masih terlihat sejumlah pekerja di lantai dasar maupun lantai dua mengerjakan sejumlah item bangunan itu yang belum rampung.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Dinas Perkim Aceh Utara, Kusairi, S.T., M.S.M., dikonfirmasi portalsatu.com via telepon seluler, Jumat (6/1),
membenarkan Pembangunan Kantor Bappeda dari APBK 2022 senilai Rp12 miliar dikerjakan PT Traya Anggun Permai.

“Keseluruhan pagu anggaran untuk proyek itu jika tidak salah sekitar Rp18 miliar. Namun, anggaran yang tersedia pada tahun 2022 Rp12 miliar,” ujar Kusairi.

Kusairi menyebut pengerjaan yang belum selesai sesuai kontrak dari anggaran tahun 2022 yakni pada bagian atap, pintu, jendela, pemasangan kaca, dan plester dinding.

“Pekerjaan lanjutan saat ini dengan persyaratan, dan kerja dalam masa denda, sama halnya seperti Pembangunan Kantor Inspektorat Aceh Utara. Pengerjaan lanjutan ini sesuai permintaan rekanan. Tapi, bukan sampai selesai bangunan secara keseluruhan,” kata Kusairi yang juga Kepala Bidang Tata Bangunan Dinas Perkim Aceh Utara.

Baca juga: Kontrak Berakhir, Rekanan Proyek Kantor Inspektorat Aceh Utara Lanjutkan Pekerjaan Dalam Denda

[Kantor Bappeda Aceh Utara yang sedang dibangun di Lhoksukon tampak bagian samping atau sisi belakang, Jumat, 6 Januari 2023. Foto: Fazil/portalsatu.com]

Kantor Bappeda itu berdampingan dengan Kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Aceh Utara.

Data pada LPSE Aceh Utara, pagu Pembangunan Kantor BPKD bersumber dari APBK 2022 Rp15,25 miliar lebih, dikerjakan PT Gampong Raya Engineering, beralamat di Banda Aceh dengan harga kontrak Rp15 M lebih.

“Kantor BPKD telah selesai bangunannya dan sudah dicat putih, cuma kita ada meminta rekanan untuk merapikan lagi pada bagian-bagian tertentu yang kurang rapi,” ujar Kusairi.

Kusairi menambahkan Pembangunan Kantor BPKD sejak Juni hingga 30 Desember 2022 dengan dana APBK 2022 Rp15 miliar. “Pagu keseluruhan sekitar Rp20 miliar. Tapi sesuai kontrak kerja dengan rekanan pada 2022 itu sudah selesai semua, paling untuk ke depan (tahun anggaran selanjutnya) ditambah interior maupun finishing,” tuturnya.[]

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya