Senin, Juli 15, 2024

Kapolres Aceh Utara AKBP...

LHOKSUKON - AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., kini resmi mengemban jabatan Kapolres...

Temuan BPK Tahun 2023...

BLANGKEJERN - Badan Pemeriksa Keungan (BPK) Perwakilan Aceh menemukan kelebihan pembayaran pada anggaran...

Pj Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menerbitkan surat keputusan (SK) tentang...

Kadispora Lhokseumawe Apresiasi Pejuang...

LHOKSEUMAWE - Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) XVII Provinsi Aceh di Aceh Timur...
BerandaNewsMahasiswa India Bikin...

Mahasiswa India Bikin Robot Mirip Iron Man, Bisa Angkat Beban 150 Kg

Vimal Govind Manikandan, mahasiswa jurusan teknik mesin asal Kerala, India, baru-baru ini jadi sorotan internasional setelah dia berhasil membuat baju robot mirip super hero Iron Man.

Selama ini sudah banyak orang membuat robot Iron Man tapi mereka hanya berhasil membuat robot-robot itu mirip dengan Iron Man di film tanpa bisa berfungsi sebagai mana mestinya.

Lain dengan robot bikinan Vimal. Mesin buatan Vimal memang tidak bisa terbang atau melepaskan tembakan laser, tapi pakaian robot seberat seratus kilogram itu bisa bergerak dan mengangkat barang hingga 150 kilogram. Biaya untuk membuat robot ini hanya USD 750 atau setara Rp 9,8 juta.

Vimal mengatakan dia terinspirasi membuat robot itu dari film Hollywood The Avengers. Dia tidak berniat menjadi super hero betulan.

“Sebenarnya manfaat produk ini dalam bidang pertahanan militer, dunia industri, dan perakitan,” kata Vimal, seperti dilansir situs Oddity Central, pekan ini.

Pakaian robot ini adalah buatan Vimal yang kedua. Dia dan teman-temannya sebelumnya membuat purwa rupa pakaian robot yang dinamai Generasi Pertama tahun lalu. Waktu itu ukurannya lebih besar dari yang sekarang dan dioperasikan dengan tenaga baterai.

Vimal mengatakan dia masih terus menyempurnakan robot buatannya, terutama kemampuan untuk berjalan.[] Sumber: merdeka.com

Baca juga: