BerandaBerita Aceh UtaraMahasiswa Unimal Ziarah dan Kuliah Perdana di Makam Sultan Malikusaleh

Mahasiswa Unimal Ziarah dan Kuliah Perdana di Makam Sultan Malikusaleh

Populer

ACEH UTARA – Ratusan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah Kemalikussalehan pada Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Malikussaleh (Unimal), melakukan ziarah dan kuliah perdana di Makam Sultan Malikusaleh di Gampong Beuringen, Kecamatan Samudera, Aceh Utara, Sabtu, 10 September 2022.

Salah seorang dosen yang mengajar mata kuliah Kemalikussalehan, Dr. Ibrahim Qamarius, dalam keterangannya menyampaikan kegiatan ziarah itu bertujuan untuk melihat langsung Makam Sultan Malikussaleh sebagai cikal bakal penamaan Universitas Malikussaleh.
Selain itu, sebagai ajang silaturahmi agar saling kenal antara dosen dan para mahasiswa baru.

“Karena mata kuliah Kemalikussalehan pada semester pertama ini termasuk dalam Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang selanjutnya kuliah atau proses belajar mengajar dilakukan secara daring,” ujar Ibrahim Qamarius.

Ibrahim Qamarius menyebut dengan kegiatan tersebut juga dapat melihat langsung Museum Samudra Pasai, Monumen Islam Samudra Pasai, dan beberapa situs bekas Kerajaan Samudra Pasai lainnya, di sekitar Makam Malikussaleh.

“Dengan beziarah ke Makam Sultan Malik Ash-Shalih (Malikussalah), kita dapat mengenang kembali bagaimana perjuangan beliau dalam menyebarkan Islam di Nusantara dan Asia Tenggara. Beliau adalah raja pertama di Samudra Pasai, yang merupakan Kerajaan Islam pertama di Nusantara dan Asia Tenggara,” kata Ibrahim.

Dengan demikian, kata Ibrahim, diharapkan mahasiswa dapat terinspirasi dari nama besar Malikussaleh. “Mahasiswa Unimal tidak boleh minder dalam berbagai bidang, harus punya semangat dan optimis untuk masa yang akan datang,” ucapnya.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya