BerandaNewsMapesa Temukan Mata Uang Aceh Darussalam di Kuala Gigieng

Mapesa Temukan Mata Uang Aceh Darussalam di Kuala Gigieng

Populer

BANDA ACEH – Satu lagi koin dari jenis mata uang “Keuh” Aceh Darussalam kembali ditemukan oleh tim Masyarakat Peduli Sejarah Aceh (Mapesa) di Kuala Gigieng, Aceh Besar.

“Mata uang Kerajaan Aceh Darussalam 'Keuh' tersebut saat ditemukan pada 14 Zulhijjah 1439 H/25 Agustus 2018 M, terpendam sekitar 15-20 cm  di kedalaman tanah dalam keadaan masih utuh,” kata Hasan Al Basri, anggota Mapesa, di Banda Aceh, Kamis, 30 Austus 2018.

Beberapa waktu lalu di tempat itu, Hasan juga menemukan pecahan meriam, selonsong-selonsong peluru Belanda yang tidak disertai keterangan ukuran kalibernya. Selain itu, ditemukan peluru timah bulat seperti anak kelereng, dan beberapa Keuh yang sebagiannya sudah rusak. “Jumlah keseluruhannya 11 keping dan hanya tiga keping yang masih utuh,” ujar Hasan.

Saat Hasan menemukan Keuh tersebut, warga setempat memberi informasi bahwa ada juga temuan-temuan setelah tsunami berupa dirham. Namun tidak disebutkan berapa jumlahnya, dan mereka menjual hasil temuan tersebut Rp50 ribu-Rp100 ribu perkeping.

“Dan, menurut keterangan warga tersebut pernah menemukan koin emas lebih besar dari ukuran uang dirham yang biasa dia temukan,” kata Hasan.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya