Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
BerandaMasuk Perairan Pidie,...

Masuk Perairan Pidie, 33 Awak KM. Sumber Samudra dari Belawan Dilakukan Rapid Test

SIGLI – Sebanyak 33 awak kapal KM. Sumber Samudra dari Sumatera Utara (Sumut) menjalani rapid test di Kompleks Pusat Pelelangan Ikan (PPI) Pasie Peukan Baro, Kecamatan Kota Sigli, Pidie, Jumat, 5 Juni 2020. Pemeriksaan kesehatan mereka dilakukan karena masuk dan berlabuh di Kuala Tari, Kabupaten Pidie. 

Keterangan seorang awak kapal KM. Sumber Samudra, yang dievakuasi Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pidie di PPI Pasie Peukan Baro, Kecamatan Kota Sigli, menyebutkan, mereka berangkat dari Sibolga, singgah di Belawan kemudian bertolak ke perairan Aceh dan masuk wilayah Pidie, mencari daun pinang untuk rumpon ikan.

Para Awak Kapal KM. Sumber Samudra itu berasal dari Sibolga, Belawan, dan Tanjung Pura, Sumut. Sedangkan nahkodanya berasal dari Gampong Pasie Jeumeurang, Kecamatan Kembang Tanjong, Pidie, atas nama Samsul.

“Kami tiba di perairan Pidie sekitar jam 10.00 WIB tadi, dan sudah memuat daun pinang untuk perlengkapan rumpon ikan dan rencananya akan segera melaut kembali. Namun harus mengikuti prosedur, makanya kami diperiksa kesehatannya oleh petugas, karena kami semua dari Belawan,”ujar  Muhammad Ikhsan, salah seorang awak kapal kepada portalsatucom usai menjalani rapid test di Kompleks PPI Pasie Peukan Baro, Jumat, petang.

Menurut dia, jika hasil pemeriksaan semua awak kapal sehat semua maka KM. Sumber Samudra akan segera berlayar kembali melaut. “Jika hasil pemeriksaan nantinya semua kami dinyatakan sehat maka kami akan segera berlayar kembali,” ungkapnya.

Kabag Ops Polres Pidie, AKP Iswahyudi menyebutkan, diamankannya KM. Sumber Samudra itu berawal dari personel Polairud Polres Pidie sedang melakukan patroli rutin, dalam perjalanan melihat sebuah kapal nelayan asal Belawan masuk perairan Pidie, tepatnya di wilayah Kembang Tanjong.

“Petugas patroli langsung mengamankan kapal beserta 33 awaknya,” ujar Kabag Ops yang mengaku bergerak atas nama Tim Gugus Covid-19 Pidie.

Untuk memeriksa para awak kapal, Tim Gugus Covid-19 Pidie menurunkan personel melakukan rapid test sebagaimana protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus corona.[]

Baca juga: