Jumat, Juli 26, 2024

Warga Lhoksukon Dihebohkan Penemuan...

LHOKSUKON - Masyarakat Gampong Manyang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, dihebohkan penemuan mayat laki-laki...

Capella Honda Gandeng Jurnalis...

BANDA ACEH - Dalam rangka kampanye Sinergi Bagi Negeri, PT Astra Honda Motor...

Kejari Gayo Lues Eksekusi...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali mengeksekusi uqubat cambuk terhadap delapan...

Pj Bupati Gayo Lues...

 BLANGKEJEREN - Askab PSSI Kabupaten Gayo Lues mulai mengelar pertandingan sepak bola Antar...
BerandaBerita SubulussalamMeriahkan Perayaan HUT...

Meriahkan Perayaan HUT ke-78 Kemerdekaan RI, Kampong Penanggalan Barat Gelar Pesta Rakyat

SUBULUSSALAM – Kampong Penanggalan Barat, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam melaksanakan sejumlah perlombaan dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 kemerdekan RI.

Perlombaan dilaksanakan di Dusun Pemancar, di depan Kampus STIT HaFas, Minggu, 20 Agustus 2023. Lomba diikuti ratusan peserta lomba perwakilan masing-masing dusun seperti Dusun Nurul Iman, Gang Padang, Silak dan Dusun Pemancar.

Kepala Kampong Penanggalan, Dedi Rogandi Berutu mengatakan pesta rakyat atau perlombaan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI di tingkat desa, khususnya Penanggalan Barat. Selain aneka perlombaan, di seputaran lokasi juga banyak pedagang yang menjajakan makanan dan minuman.

“Kita sepakat untuk bergembira memeriahkan HUT RI dengan melaksanakan pesta rakyat atau perlombaan,” kata Dedi Rogandi yang akrab disapa Bolang saat memberikan kata sambuatnnya.

Bolang bilang bahwa tujuan perlombaan ini untuk membangun kekompakan antar dusun yang ada di Penanggalan Barat. Selain menyiapkan hadiah di setiap cabang perlombaan, panitia juga menyiapkan hadiah utama satu ekor kambing bagi dusun yang banyak meraih kemenangan.

Bolang menjelaskan setiap perlombaan diawali seleksi tingkat dusun, selanjutnya pemenang di dusun akan bertanding di tingkat desa. Pesta rakyat ini mengakomodir perlombaan semua tingkatan yakni anak-anak, remaja, dewasa laki-laki dan perempuan.

Beberapa perlombaan dilaksanakan yakni lari goni racik kelapa jagung, kelambek, karoeke, baca puisi, transfer tepung, bakiak, pancing botol, lari kelereng, masukan belut dalam botol, masukan air kedalam botol pake corong, estafet pimpong, tiup bola pimpong, transfer tepung, tarik tambang, panjat pinang, paduan suara, makan roti, makan kerupuk, rangking 1, puisi dan proklamasi.

Pantauan portalsatu.com di lapangan pesta rakyat ini berlangsung meriah, panitia juga menyiapkan hiburan keybord untuk mengisi jalannya setiap acara perlombaan. Acara ini dibuka Kepala Kampong Penaggalan Barat, Dedi Rogandi dihadiri Kapolsek Penanggalan, Iptu Evizarianto, Ketua BPG Sahbudiono M, babinkamtibmas dan unsur perangkat desa serta tokoh masyarakat setempat.[]

 

Baca juga: