Senin, Juni 24, 2024

Dosen UBBG Lulus Seleksi...

BANDA ACEH - Tidak hanya mahasiswa, dosen UBBG juga berprestasi. Adakah Dr. Zahraini,...

34 Tim Futsal Berlaga...

SIGLI – Sebanyak 34 tim se-Aceh berlaga untuk memperebutkan gelar juara Piala Ketua...

All New Honda BeAT...

BANDA ACEH - Sehubungan dengan peluncuran All New Honda BeAT series terbaru oleh...

Kapolri Luncurkan Digitalisasi Perizinan...

JAKARTA - Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo meluncurkan sistem online single...
BerandaBerita Gayo LuesGayo Lues Gelar...

Gayo Lues Gelar Pacuan Kuda Tradisional Berhadiah Rp220 Juta, Ini Jadwalnya

BLANGKEJEREN – Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kabupaten Gayo Lues akan menggelar pacuan kuda tradisional memeriahkan HUT ke-78 RI. Pacuan kuda tradisional tahun 3023 ini memperebutkan hadiah Rp220 juta.

Muhibunsyah Pane, Ketua Pordasi Gayo Lues, Minggu, 20 Agustus 2023, mengatakan pacuan kuda tradisional Gayo Lues akan berlangsung pada 21-27 Agustus di Stadion Buntul Nege, Blangkejeren.

“Kuda yang sudah mendaftar ke panitia berjumlah 84 ekor. Rinciannya, kuda dari Aceh Tengah sembilan ekor, dari Bener Meriah 34 ekor, dari Aceh Tenggara satu ekor, dan kuda Gayo Lues 40 ekor,” kata Pane.

Biasanya kata Pane, lomba pacuan kuda tradisional Gayo Lues diikuti lebih 100 ekor. Akan tetapi, karena berbenturan dengan pacuan kuda di Aceh Tengah dan event nasional di Padang, Provinsi Sumatra Barat, jumlah kuda yang ikut lomba di Gayo Lues berkurang.

“Yang kita perlombakan 10 kelas pacuan kuda, dengan hadiah perkelas Rp18 Juta. Artinya, setiap kelas yang juara satu hadiahnya Rp 6 juta, juara dua Rp5 juta, juara tiga Rp4 juta, dan juara harapan satu Rp3 juta,” jelasnya.

Ketua Pordasi mengimbau para pencinta olahraga berkuda, baik warga lokal, luar daerah maupun turis mancanegara datang ke Stadion Buntul Nege menyaksikan pacuan kuda selama event tersebut.[]

Baca juga: