BerandaBerita AcehMira Anggota KPPS Berbagi Pengalaman Pemilu 2024; Lega Bercampur Cemas

Mira Anggota KPPS Berbagi Pengalaman Pemilu 2024; Lega Bercampur Cemas

Populer

TANAH LUAS – Mira Atut Zamani, anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 001 Gampong Blang, Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara, merasa lega bercampur cemas setelah menyelesaikan tugasnya di Pemilu 2024. Lega karena proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan lancar. Cemas lantaran masih ada proses pleno tingkat kecamatan yang belum selesai.

Mira menceritakan pengalamannya bertugas di KPPS sebagai KPPS 5. Pada 14 Februari 2024, ia tiba di TPS pukul 07.00 WIB. Wanita ini memulai tugasnya dengan mengikuti sumpah/janji anggota KPPS, lalu mengatur kursi dan meja, serta melakukan persiapan pemungutan suara.

Sebagai anggota KPPS yang baru pertama kali bertugas, Mira merasakan banyak hal berkesan. “Kesannya kita bisa tahu alur pemilu, mulai dari pencoblosan, perhitungan suara, sampai rekap keseluruhan. Kita juga merasakan kekompakan antaranggota KPPS, PPS, Sekretariat PPS, dan Pengawas TPS,” ujar Mira dihubungi portalsatu.com, Selasa, 20 Februari 2024.

Bagi Mira, Pemilu 2024 melatih kesabaran anggota KPPS, terutama pemegang Sirekap, karena aplikasi yang digunakan sering eror dan harus menunggu antrean untuk proses peng-uplod-annya. Mira bertugas sebagai pemegang Sirekap dan merasakan pengalaman yang tidak terlupakan.

Tugas anggota KPPS 5, mengarahkan pemilih memasuki bilik suara yang kosong untuk memberikan hak suaranya. Membantu pemilih disabilitas maupun pemilih yang memerlukan bantuan untuk memberikan suara jika diminta oleh pemilih tersebut.

“Pengalaman yang tak terlupakan sih datang jam 07.00 pagi, pulangnya besok jam 07.00 pagi, tidak tidur sama sekali. Tugasnya tidak sulit, cuma harus mengulang hal yang sama. Setelah mengikuti beberapa kali Bimtek sangat terbantu untuk paham tugas dan tanggung jawab anggota KPPS,” kata Mira.

Mira berharap hasil Pemilu 2024 sesuai dengan harapan rakyat Indonesia, dan pemimpin yang terpilih dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Ia juga mengaku pernah menjadi Pantarlih pada pemilu tahun ini.

Mira merupakan lulusan Universitas Teuku Umar (UTU) studi S1 Kesehatan Masyarakat. Saat ini, Mira bekerja sebagai tenaga kesehatan di Puskesmas Tanah Luas.

Pengalamannya sebagai anggota KPPS memberikannya pengetahuan dan pengalaman berharga tentang proses demokrasi di Indonesia.[]

Laporan: Khairul Sani Umraiti

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya