Sabtu, Juli 13, 2024

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...

Panwaslih Aceh Instruksikan Buka...

BANDA ACEH - Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Aceh menginstruksikan Panwaslih Kabupaten/Kota segera membuka...

KAMMI Sebut Perlu Forum...

BANDA ACEH - Pengurus Daerah Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Banda Aceh...
BerandaNourman Hidayat Garap...

Nourman Hidayat Garap Lukisan Potret Cut Nyak Dhien

BANDA ACEH – Di tengah kesibukannya sebagai salah satu petinggi partai, perupa Aceh Nourman Hidayat rupanya sedang menggarap proyek besar untuk karya seninya. (Baca: Lukisan Hasan Tiro Senilai Rp 200 Juta Dipamerkan di Museum Aceh)

Perupa yang ikut memamerkan karya-karyanya di Pameran dan Kritik Karya Rupa (Pakrikaru) 2 ini sedang menyiapkan lukisan potret pejuang perempuan Aceh Cut Nyak Dhien.

Saat berbincang dengan portalsatu.com di lokasi Pakrikaru 2 di Museum Aceh Selasa, 1 November 2016 kemarin, Nourman mengatakan, saat ini ia sedang melakukan berbagai observasi sebelum membuat lukisan tersebut. Ia tak ingin melukis hanya dengan mengandalkan imajinasinya saja sebagai seorang seniman. Tak ingin tergesa-gesa.

“Saat ini saya sedang observasi, seperti bertemu dengan komunitas pakaian Aceh tempo dulu di Sigli. Saya juga melakukan banyak komunikasi dengan pemerhati sejarah dan orang-orang tua dulu, misalnya terkait dengan bagaimana sih penutup kepala orang Aceh dulu, bermotif atau tidak,” katanya antusias.

Selain itu, Nourman juga akan bekerja sama dengan seorang fotografer untuk mengambil gambar model yang akan menjadi patron ketika ia melukis nanti. Dengan adanya foto sebagai patron kata Nourman, akan lebih mudah ketika membuat efek pencahayaan di lukisan.

Lihat: [FOTO]: Lima Perupa Aceh Pamerkan Karyanya di Pakrikaru

Bagi Nourman secara pribadi, melukis potret Cut Nyak Dhien bukan sekadar untuk memenuhi hasratnya sebagai pelukis. Tetapi ia ingin memunculkan sosok berbeda dari seorang Cut Nyak Dhien dalam bentuk seni rupa yang kharismatik, tangguh dan dikagumi.

“Saya ingin membuat Cut Nyak Dhien versi muslimnya,” kata dia.”Selama ini foto Cut Nyak Dhien yang sering kita lihat kan yang sudah tua dengan posisi menunduk, seolah-olah menyiratkan bahwa beliau itu tidak berdaya dan ringkih. Nah saya sudah bayangkan, saya akan buat lukisan ketika beliau berusia kira-kira 30 tahun, beliau akan terlihat sangat tangguh,” kata perupa kelahiran Sigli 1975 silam itu.

Seniman yang selama ini lebih dikenal sebagai politisi itu juga punya ekspektasi tinggi terhadap karyanya tersebut. Ia berharap, jika lukisan potret tersebut sudah jadi bisa menggantikan lukisan-lukisan Cut Nyak Dhien yang selama ini sering kita lihat. Menurutnya lukisan tersebut belum mencerminkan karakter Cut Nyak Dhien yang sebenarnya.

“Saya bahkan berharap nanti bisa keluar SK Gubernur, bahwa foto Cut Nyak Dhien yang dilukis oleh Nourman Hidayat diinstruksikan untuk dipasang di instansi-instansi,” katanya sembari tertawa.[]

Baca juga: