Rabu, Juli 24, 2024

Puluhan Personel Polres Aceh...

LHOKSUKON - Polres Aceh Utara melakukan tes narkoba melalui metode tes urine menggunakan...

Ini Kata Abu Razak...

BANDA ACEH – Venue atau tempat pelaksanaan pertandingan 33 cabang olahraga wilayah Aceh...

DPMPPKB Aceh Utara dan...

ACEH UTARA - Penjabat Bupati Aceh Utara diwakili Plt. Asisten I Sekda Dr....

Puluhan Siswa MTs Swasta...

SIGLI - Diduga keracunan, puluhan siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) Swasta Tgk Syik Dayah...
BerandaBerita AcehOperasi Patuh, Kasat...

Operasi Patuh, Kasat Lantas Lhokseumawe Cek Kenderaan Dinas

LHOKSEUMAWE – Satuan Lalu Lintas (Lantas) Polres Lhokseumawe menggelar apel pengecekan dan kesiapan kenderaan dinas dalam rangka Operasi Patuh Seulawah 2024, di Lapangan Apel Mapolres, Rabu, 10 Juli 2024.

Operasi Patuh Seulawah itu akan dilakukan Polisi Lalu Lintas (Polantas) pada 15-28 Juli 2024. Hal itu berdasarkan arahan dari Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah (Polda) Aceh.

Kapolres Lhkseumawe AKBP Henki Ismanto, melalui Kasat Lantas Polres Lhokseumawe, AKP M. Abdhi Hendriyatna, mengatakan apel pengecekan dan kesiapan kenderaan dinas Satuan Lantas perlu dilakukan karena agenda ke depan sangat padat. Pengecekan itu terhadap kendaraan roda dua maupun empat, karena dalam beberapa hari mendatang Polantas akan menggelar Operasi Patuh Seulawah.

Setelah itu, pada September 2024, ada kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024, dan menghadapi Pilkada pada November mendatang. Kepolisian ikut andil dalam serangkaian acara besar itu.

Untuk itu, kata Abdhi, jajaran Satuan Lantas melakukan pengendalian ataupun pengawasan terhadap kenderaan di satuan ini khususnya Polres Lhokseumawe. Hasil pengecekan kenderaan dinas itu secara keseluruhan kondisinya sudah baik. Namun ada beberapa yang memang harus dibenahi, antara lain lampu rotator atau sirine yang sebagian masih kurang menyala.

“Pengecekan kenderaan ini penting dilakukan agar ke depan bisa menjalankan tugas dengan lancar di lapangan bagi kami Satuan Lalu Lintas. Untuk kesiapan personel khususnya di Satuan Lantas Polres Lhokseumawe kurang lebih 42 orang. Begitu juga terkait perlengkapan lainnya sudah kita persiapkan semua dalam rangka melaksanakan Operasi Patuh tersebut,” kata Abdhi Hendriyatna.

Abdhi menambahkan untuk Operasi Patuh ini pihaknya melakukan teguran atau penindakan secara humanis. Dikedepankan untuk penindakan itu berupa pemberlakuan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik baik yang statis maupun mobile, terutama bagi masyarakat pengguna jalan raya ataupun kenderaan yang dapat menyebabkan berpotensi kecelakaan sehingga akan dilakukan penindakan tersebut.

“Kita mengimbau kepada masyarakat agar selalu tertib berlalu lintas. Tentunya hal-hal yang menjadi pedoman kami adalah baik roda dua atau empat dari kelengkapan surat serta alat keselamatannya seperti helm dan safety belt itu juga menjadi sasaran kita dalam operasi nanti. Terutama kendaraan-kendaraan yang memang tidak sesuai dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) itu akan kita lakukan penindakan pelanggaran,” ujar Abdhi.

Menurut Abdhi, untuk lokasi dalam Operasi Patuh terdapat beberapa titik, yaitu di depan Pos Satlantas Cunda, Simpang Selat Malaka Lhokseumawe, jalur Krueng Mane sampai Krueng Geukueh, Aceh Utara. Dalam wilayah Kota Lhokseumawe hingga jalur Samudera, Aceh Utara khusunya di jalan nasional.[]

Baca juga: