Jumat, Juli 19, 2024

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...
BerandaBerita Aceh UtaraPangdam IM Sambut...

Pangdam IM Sambut Kepulangan 445 Prajurit Pamtas Bertugas di Papua

LHOKSEUMAWE – Sebayak 445 prajurit Satgas Pamtas Penyangga (Mobile) Yonif Raider Khusus 114/ Satria Musara di bawah komando Brigade Infanteri (Brigif) 25/Siwah, yang telah bertugas di wilayah Papua, kepulangan mereka disambut Panglima Kodam Iskandar Muda (Pangdam IM), Mayjen TNI Mohammad Hasan.

Pasukan tersebut pulang dari Papua ke Aceh menggunakan kapal KRI Teluk Palu-523. Upacara penyambutan dipimpin Pangdam IM, di Pelabuhan Krueng Geukueh, Kecamatan Dewantara, Aceh Utara, Jumat, 19 Agustus 2022.

Pangdam IM, Mayjen TNI Mohammad Hasan, kepada wartawan mengatakan sebanyak 445 personel Yonif RK 114/Satria Musara itu telah kembali dari penugasan di wilayah Papua kurang lebih 13 bulan. Mereka berangkat dari Aceh sejak 26 Juli 2021 hingga 19 Agustus 2022, dan kembali dengan lengkap dan sehat.

“Selama bertugas di Papua, para Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) itu tidak hanya melaksanakan tugas pamtas saja. Tetapi juga melakukan kegiatan sosial seperti merehab bendungan air bersih, rehab jalan, tempat ibadah, rumah, serta memberikan pelayanan kesehatan dan bantuan kepada masyarakat di sana melalui program ‘Gerakan Honai To Honai’. Bahkan melaksanakan pembinaan teritorial di sekitar Pos Pamtas,” kata Mayjen Mohammad Hasan.

Sehingga, kata Pangdam IM, mereka berhasil mengembalikan masyarakat Distrik Yigi Kabupaten Nduga ke rumahnya masing-masing. Sebelumnya masyarakat tersebut mengungsi dari Distrik Yigi pasca kasus pembantaian terhadap 19 karyawan PT Istaka Karya oleh KKB pada Desember 2018.

“Sebagaimana instruksi saya kepada seluruh prajurit Kodam Iskandar Muda, bahwa di mana pun berada harus menjadi bagian dari solusi, bukan bagian dari masalah bagi masyarakat. Saya berharap kepada prajurit ini yang baru kembali agar menjadikan pengalaman tugas ini dalam peningkatan kemampuan prajurit. Sehingga pada tugas-tugas mendatang dapat dilaksanakan dengan lebih baik lagi,” ujar Pangdam.

Penyambutan Satgas Pamtas Yonif RK 114/Satria Musara tersebut turut dihadiri Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Inf. Bayu Permana, Komandan Brigif 25/Siwah, Letkol Inf. Taufik Rizal, Danlanal Lhokseumawe, Kolonel Marinir Dian Suryansyah, Dandim 0103 Aceh Utara, Letkol Inf. Hendrasari Nurhono. Selain itu, Pj. Wali Kota Lhokseumawe, Imran, Pj. Bupati Aceh Utara, Azwardi, Pj. Bupati Bener Meriah, Haili Yoga, Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, dan para Asisiten Kasdam Iskandar Muda (IM).

[]

Baca juga: