BerandaNewsPemilu 2019, Disdukcapil Aceh Utara Rekam e-KTP untuk Pemilih Pemula

Pemilu 2019, Disdukcapil Aceh Utara Rekam e-KTP untuk Pemilih Pemula

Populer

ACEH UTARA – Pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Aceh Utara melakukan perekaman e-KTP untuk pemilih pemula Pemilu 2019. Perekaman itu dilakukan dengan cara turun langsung ke lapangan di setiap kecamatan yang ada di Aceh Utara.

Kategori pemilih pemula yang dimaksud adalah mereka yang berusia 17 tahun pada tahun 2019, atau bertepatan pada hari pemungutan suara, 17 April 2019.

Kepala Disdukcapil Aceh Utara, Muhammad Zulfhadli, S.Sos., melalui Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Jannah Mufrida, S.H., mengatakan, pihaknya melakukan perekaman e-KTP kepada pemilih pemula yang saat ini masih belum berusia 17 tahun. Namun  saat Pemilu 2019 nantinya mereka sudah mencapai usia 17 tahun.

“Perekaman e-KTP tersebut telah mencapai 16.199 jiwa, sebagian sudah dilakukan pencetakan dan sisanya sekitar 20 persen lagi yang belum terekam. Untuk perekaman e-KTP, kita juga turun langsung ke kecamatan-kecamatan dengan sistem jemput bola. Karena salah satu syarat menjadi pemilih saat pemilu bahwa masyarakat harus memiliki e-KTP. Perekaman itu didominasi pemilih pemula yang masih berpendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat ataupun yang baru saja menyelesaikan pendidikan SMA,” kata Jannah Mufrida, kepada portalsatu.com, di ruang kerjanya, Kamis, 17 Januari 2019.

Menurut Jannah, pihaknya juga mendatangi SMA dan lembaga pendidikan lainnya seperti dayah di Aceh Utara untuk perekaman e-KTP tersebut. Tetapi diutamakan bagi wilayah pedalaman seperti Kecamatan Langkahan, Sawang, Nisam Antara, Tanah Jamboe Aye, dan beberapa kecamatan lainnya yang lokasinya jauh dari Disdukcapil Aceh Utara. Sehingga pihaknya perlu turun langsung ke lapangan untuk memudahkan masyarakat bagi yang belum melakukan perekaman dimaksud.

“Akan tetapi untuk kacamatan sekitar yang diperkirakan berdekatan dengan Disdukcapil, masyarakat banyak yang berdatangan ke sini untuk perekaman e-KTP maupun mengurus surat kependudukan lainnya. Tentunya kita melayani masyarakat dengan baik dan sejauh ini tidak ada kendala apapun,” ujar Jannah Mufrida.

Menurut Jannah, sejauh ini baru ada cabang pembantu untuk perekaman e-KTP itu di Kecamatan Dewantara.  Untuk wilayah lain pihaknya selalu turun ke kecamatan atau gampong-gampong di daerah tersebut. Namun, kata dia, ada juga sebagian kecamatan yang dinilai partisipasi masyarakat untuk melakukan perekaman masih dikategorikan rendah. Akan tetapi pihaknya terus berupaya semaksimal mungkin bagi masyarakat yang belum memiliki e-KTP untuk perekaman tersebut.

“Meski telah melakukan perekaman, untuk pemilih pemula itu belum bisa mendapatkan e-KTP selama belum genap berusia 17 tahun. KTP elektronik baru akan diberikan kepada yang bersangkutan jika mereka sudah berusia 17 tahun. Dan perekaman ini kita lakukan sampai hari H-nya (pencoblosan) Pemilu 2019,” ujar Jannah Mufrida.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya