Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaNewsPendidikanPengurus Dewan Mahasantri...

Pengurus Dewan Mahasantri Ma’had Aly Babussalam Dilantik

Aceh Utara – Pengurus Dewan Mahasantri (Dema) Ma’had Aly Babussalam Al-Hanafiyyah periode 2021-2022 resmi dilantik. Proses pelantikan berlangsung pada 13 November 2021 di Mushalla Santriwati Dayah Babussalam, Ahad, 14 November 2021.

Para pengurus harian yang dilantik yaitu Tgk Muhammad Fadli sebagai ketua umum dan sekjend dijabat oleh Tgk Yafis Ismandar. Sementara bendahara dijabat oleh Tgk Syarwan. Selain itu juga dilantik puluhan pengurus harian lainnya.

Prosesi pelantikan dilakukan oleh Mudir Ma’had Aly Babussalam, Tgk. Dr. T. Zulkhairi, MA dan tausyiah umum disampaikan oleh Pimpinan Dayah Babussalam Al-Hanafiyyah, Waled H. Sirajuddin Hanafi.

Hadir dalam pelantikan ini yaitu Wakil Mudir 1 bagian akademik dan kelembagaan, Tgk. Ahmad Burhanuddin Murad, M.Pd, Wakil Mudir II bagian Perencanaan dan Keuangan Tgk Marhaban Habibi,S.Pd.I serta Wakil Mudir III bagian kemahasantrian, Tgk Ibrahim, S.Pd.I.

Selain itu juga dihadiri Ketua Lembaga Penjaminan Mutu Ma’had Aly Babussalam Tgk Taufik Yacob, S.Pd.I dan Ketua LPPM Tgk Dailami, M.Pd.

Mudir Ma’had Aly Babussalam, Tgk. Dr. T. Zulkhairi, MA dalam sambutannya usai pelantikan mengatakan bahwa Dewan Mahasantri yang sudah dilantik ini diharapkan dapat bekerja membantu agenda-agenda Ma’had Aly untuk menyukseskan program Ma’had Aly di bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

“Kita berharap Ma’had Aly Babussalam nantinya meraih akreditasi A. Dan oleh sebab itu peran dan paritisipasi Dewan Mahasantri ini sangat dibutuhkan dalam pengembangan Ma’had Aly,” ujar Tgk T. Zulkhairi dalam sambutannya, sebagaimana siaran pers diterima redaksi.

Dalam bidang penelitian misalnya, para mahasantri diharapkan dapat membantu kerja-kerja untuk penerbitan karya-karya tulis baik dalam bentuk artikel, buku maupun jurnal. Sebab, kerja-kerja mahasantri ini nantinya juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Ma’had Aly.

“Kita juga mengharapkan agar Dewan mahasantri ini nantinya dapat mempelopori kerja-kerja pengabdian di masyarakat karena kita ingin kehadiran kita betul-betul terasa di masyarakat,“ ujar Tgk. Zulkhairi.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Babussalam, Waled. H. Sirajuddin Hanafi dalam sambutannya meminta kepada para santri untuk betul-betul istiqamah dan iklhas dalam kerja-kerja Dewan Mahasantri nantinya.

Selain Dewan Mahasantri, pada kesempatan yang sama juga dilantik puluhan pengurus Lajnah Bahshul Masail Ma’had Aly Babussalam yang terdiri dari guru dan mahasantri Ma’had Aly Babussalam.

Tim Lajnah yang diketahui oleh Tgk Ansariadi dan Wakil Ketua Tgk Arif Munandar ini nantinya akan fokus pada kerja-kerja membahas masalah-masalah aktual keislaman yang terjadi di tengah-tengah masyarakat dan dunia Islam dengab berlandaskan pada Alquran, hadis dan kitab-kitab kuning karangan para ulama.

Ma’had Aly Babussalam yang memperoleh SK dari Kemenag pada akhir tahun 2019 mengambil konsentrasi (takhassus) di bidang Tafsir dan Ilmu Tafsir. Sebagai perguruan tinggi khas pesantren atau dayah, Ma’had Aly ini diselenggarakan dan berlokasi di Dayah Babussalam Matangkuli Aceh Utara.[]

Baca juga: