Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaPerang Hunain Saksi...

Perang Hunain Saksi Keagungan Allah SWT

JAKARTA –  Jumlah tentara Muslim yang mencapai 12 ribu terdiri dari 10 ribu pasukan yang menaklukkan Makkah ditambah 2.000 prajurit dari kaum Quraisy yang baru masuk Islam nyaris tak berguna karena diliputi kesombongan.

Sekitar 15 hari setelah umat Islam menguasai Kota Makkah, sebuah kabar buruk terdengar di telinga Rasulullah SAW. Kabilah Hawazin dan Tsaqifkabilah Arab yang cukup dikenal di negeri Arab bagian utarabersiap untuk memerangi kaum Muslim.

Kedua kabilah yang memiliki kekuatan yang amat besar itu telah berkumpul di Lembah Hunain. Menurut Dr Syauqi Abu Khalil dalam Athlas Hadith al-Nabawi, Hunain merupakan nama sebuah lembah yang berada di antara Thaif dan Makkah al-Mukaramah.

Jaraknya lebih dekat dari Makkah, 26 km dari arah timur Makkah al-Mukarramah. Dari dua rambu batas suci di Jalan Najed berjarak 11 km, ujar Dr Sauqi. Dr Akram Dhiya al-Umuri dalam Shahih Sirah Nabawiyah mengungkapkan, jarak dari Makkah ke Hunain hanya sekitar 20 km sebelah timur Makkah.

Sekarang tempat itu dikenal dengan nama asy-Syara’i, papar Dr Akram. Di tempat itulah terjadi sebuah peristiwa penting dalam sejarah Islam, yakni Perang Hunain. Perang yang terjadi pada Syawal 8 Hijriah itu terekam dalam Alquran surah at-Taubah (9): 25. 

Sesungguhnya Allah telah menolong kamu pada beberapa tempat dan pada Perang Hunain, tatkala kamu bangga dengan jumlahmu yang banyak, tapi tidak berguna sedikitpun.Dan bumi yang luas menjadi sempit bagimu saat itu, hingga kamu berpaling sambil mundur. Kemudian Allah turunkan perasaan tenang kepada Rasul-Nya dan kepada semua orang Mukmin. Dan Ia kirimkan bala tentara yang tidak kamu ketahui dan Ia siksa orang-orang yang kafir. Demikianlah balasan Allah kepada orang-orang yang kafir.

Perang Hunain menjadi saksi keagungan Allah SWT. Jumlah tentara Muslim yang mencapai 12 ribu terdiri dari 10 ribu pasukan yang menaklukkan Makkah ditambah 2.000 prajurit dari kaum Quraisy yang baru masuk Islam nyaris tak berguna karena diliputi kesombongan.[] Sumber: republika.co.id

Baca juga: