Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaBerita Aceh UtaraPj Bupati Azwardi...

Pj Bupati Azwardi Buka Festival Edukasi Aceh Utara

LHOKSUKON – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Aceh Utara berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan Aceh Cabang Aceh Utara menggelar Festival Edukasi Aceh Utara di Lapangan Upacara Kantor Bupati, Landing, Kecamatan Lhoksukon, 17-19 Desember 2022.

Kegiatan bertajuk “Bergerak Serentak Untuk Pendidikan Aceh Utara Jaya”, itu dibuka Pj. Bupati Aceh Utara, Azwardi, dihadiri Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus (GTK Dikmensus), Dr. H. Yaswardi, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Aceh Alhudri, serta unsur Forkopimdan plus, Sabtu (17/12).

Kadis PK Aceh Utara, Jamaluddin, menyampaikan Aceh Utara terdiri dari 27 kecamatan. Pengelolaan pendidikan formalnya menjadi tanggung jawab paling tidak tiga lembaga, yaitu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Utara mengelola 1.075 lembaga pendidikan, Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Aceh Utara mengelola 87 lembaga pendidikan, dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara mengelola 175 lembaga pendidikan.

“Festival Edukasi Aceh Utara ini sebagai bentuk apresiasi atas berbagai kemajuan dan inovasi di bidang pendidikan yang telah dilaksanakan oleh para pengampu kepentingan, kepala sekolah, guru, dan siswa selama tahun 2022. Ini juga bagian dari unjuk karya sekolah sebagai hasil dari implementasi kurikulum merdeka pada sekolah-sekolah di Aceh Utara,” kata Jamaluddin dalam sambutannya.

Jamaluddin menjelaskan berdasarkan Keputusan Kepala BSKAP Kemendikbudristek Nomor: 044/H/Kr/2022 tentang Satuan Pendidikan Pelaksana Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) pada Tahun Ajaran 2022/2023, sebanyak 459 sekolah di Aceh Utara dari jenjang SD sampai SMA telah menerapkan kurikulum merdeka. “Jumlah ini menjadikan Aceh Utara sebagai kabupaten terbanyak pelaksana IKM di Aceh,” ujarnya.

Jamaluddin menyebut peserta Festival Edukasi ini berasal dari seluruh lembaga pendidikan di Aceh Utara, diwakili menurut jenjang masing-masing, yakni SMA 6 stan, SMK 3 stan, MA 1 stan, SMP 5 stan, MTs 1 stan, SD 17 stan, MI 1 stan, PAUD 2 stan, PKBM 2 stan, dan SLB 1 stan pameran. Tampil pula stan dari UMKM, perbankan, penerbitan, dan lain sebagainya dengan total 50 stan pameran.

“Festival Edukasi Aceh Utara dimeriahkan juga dengan aneka perlombaan, di antaranya cerdas cermat dan inovasi pembelajaran dari pendidik yang ada di Aceh Utara. Pendanaan untuk festival ini bersumber dari sumbangan masing-masing peserta kegiatan serta dari berbagai pihak lainnya yang tidak mengikat. Anggaran tersebut akan digunakan untuk penyediaan stan pameran, panggung utama, minihall, aneka perlombaan, hadiah, aneka kegiatan di panggung utama serta berbagai pendukung acara Festival Edukasi Aceh Utara,” ujar Jamaluddin.[]

Baca juga: