Jumat, Juli 19, 2024

Rekomendasi HUDA Berisi 22...

BANDA ACEH - Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh (PB HUDA) mengeluarkan rekomendasi...

Lebih 170 Bangunan Rusak...

ACEH UTARA - Sebanyak 173 bangunan dilaporkan rusak akibat diterjang badai (hujan deras...

Inilah Struktur Lengkap Kepengurusan...

BANDA ACEH - Ketua Umum Majelis Syuriah Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh...

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....
BerandaBerita PidiePemerintah Bantu 25...

Pemerintah Bantu 25 Ton Benih Padi Untuk Petani Pidie, Ini Varietasnya

SIGLI – Pemerintah salurkan benih padi kepada petani di 21 kecamatan dalam Kabupaten Pidie. Namun, benih untuk musim tanam rendengan hanya tercakup 1.000 hektare (Ha) sawah.

Dari 24. 747 Ha luas sawah produktif di Kabupaten Pidie, Pemerintah hanya membantu benih padi untuk 1.000 Ha. Benih varietas unggulan Inpari 44 merupakan bantuan APBN 2022.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distannak) Kabupaten Pidie, Hasballah, kepada portalsatu.com, Sabtu, 17 Desember 2022, mengatakan semua benih bantuan pemerintah sudah disalurkan kepada petani melalui kelompok tani (poktan) selaku penerima manfaat.

“Untuk tahun ini, Pemerintah membantu 25 ton benih padi varietas unggulan. Jumlah dijatahkan untuk 1.000 Ha sawah di Pidie dengan rincian 25 kilogram per Ha lahan. Kita sudah antar ke poktan sesuai daftar penerima,” ujar Hasballah.

Meski jumlahnya sedikit, menurut Hasballah, memberikan pemerataan kecamatan. Sehingga dari 23 kecamatan hanya Keumala dan Kota Sigli tidak termasuk penerima.

“Kalau kita penuhi kebutuhan sesuai luas lahan 24 ribu Ha lebih tentunya tidak terkover (tercakup). Jadi, supaya adanya pemerataan, memberi jatah per kecamatan sesuai nama dan kelompok tani,” kata Hasballah.

Disinggung keterlambatan penyaluran benih ke petani, sementara petani sudah menyemai benih bahkan sebagian telah menanami padi, Hasballah menyebut tidak terlambat karena musim tanam rendengan kali ini sejak Oktober hingga Maret nanti. Sementara benih disalurkan Desember, tentunya masih dalam tahapan garap tanah dan semai benih.

“Kita rasa tidak terlambat. Sesuai kalender musim tanam rendengan saat ini waktu penyemaian benih. Maka begitu tiba, kita langsung didisbutrikan ke poktan,” ucap Hasballah.

Berikut data jumlah lahan per kecamatan yang mendapatkan bantuan benih padi dari pemerintah:

Mane 46 Ha, Geumpang 48 Ha, Tangse 48 Ha, Geulumpang Tiga 44 Ha, Titeu 48 Ha, Tiro dan Kembang Tanjong masing-masing 47 Ha, Mila, Geulumpang Baro, dan Delima masing-masing 48 Ha, Padang Tiji, Batee, Pidie, Simpang Tiga, Grong-Grong, Indrajaya, Mutiara, dan Mutiara Timur masing-masing 46 Ha, Peukan Baro, Sakti, dan Muara Tiga masing-masing 55 Ha, 53 Ha, dan 52 Ha.[](Zamahsari)

Baca juga: