BerandaBerita Aceh UtaraPMI Aceh Utara Bantu Korban Kebakaran di Dayah Darul Abrar Sawang

PMI Aceh Utara Bantu Korban Kebakaran di Dayah Darul Abrar Sawang

Populer

ACEH UTARA – Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Aceh Utara menyalurkan bantuan untuk korban kebakaran di Dayah Darul Abrar, Desa Blang Reuling, Kecamatan Sawang, Jumat, 1 September 2023.

Kebakaran itu terjadi pada Kamis pagi saat para santri sedang menggarap sawah yang lokasinya tidak jauh dari dayah. Api menghanguskan satu bangunan asrama memiliki delapan unit bilik (kamar) yang ditempati santri putra. Armada pemadam kebakaran berhasil memadamkan api, tapi bangunan asrama berkonstruksi semi permanen itu tak dapat diselamatkan.

Kabid Penanggulangan Bencana PMI Aceh Utara, Fuadi, mengatakan informasi pihaknya peroleh di lapangan, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Karena selain menghanguskan perlengkapan santri, api juga menghanguskan kitab-kitab serta sejumlah alat elektronik berupa dua laptop, printer, dan lainnya.

Usai mendapat kabar musibah tersebut, rombongan PMI Aceh Utara mengantarkan bantuan kepada korban. Bantuan berupa beras, telor, kain sarung, dan lainnya.

Ketua PMI Aceh Utara, Tantawi, mengatakan bantuan ini bentuk kepedulian PMI untuk korban kebakaran di dayah tersebut. “Kita turut berduka atas musibah ini. Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh santri serta dewan guru yang mengalami musibah,” kata Tantawi usai penyerahan bantuan.

Tantawi berharap dukungan moril dan materil ini dapat meringankan beban korban, sambil menunggu bantuan lainnya dari pemerintah. “Kita juga berencana mengusulkan pembangunan kembali asrama santri melalui Pemerintah Aceh nantinya,” ujar Tantawi yang juga anggota DPR Aceh.

Pimpinan Dayah Darul Abrar, Tgk. Sulaiman Ishak, mengucapkan terima kasih atas kepedulian PMI Aceh Utara yang membantu meringankan beban santrinya. “Alhamdulillah, bantuan ini sangat bermanfaat bagi santri di sini,” ucapnya.

Tgk. Sulaiman menyebut asrama yang terbakar itu sebelumnya ditempati 20 santri, sembilan di antaranya tidak sempat menyelamatkan barang-barangnya. “Santri yang menempati asrama ini anak-anak dari warga kurang mampu yang berasal dari desa di sekitar dayah, ada juga dari luar daerah,” tuturnya.

Dayah Darul Abrar dipimpin Tgk. Sulaiman Ishak didirikan tahun 1998 silam. Saat ini santri baik putra maupun putri di dayah tersebut sekitar 400 orang.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya