Jumat, Juli 19, 2024

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...

Abu Razak Temui Kapolda,...

BANDA ACEH – Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Aceh H. Kamaruddin...

Diterjang Badai, Lapak Pedagang...

ACEH UTARA - Banyak lapak pedagang dan warung di sepanjang jalan Simpang Rangkaya,...
BerandaRocky, Orangutan yang...

Rocky, Orangutan yang Bisa Bicara

Primata delapan tahun ini membuat ilmuwan terkejut dengan menyalin kata-kata dan mereproduksinya dalam sebuah 'percakapan. Peneliti meminta Rocky memainkan permainan di mana ia menirukan nada dan  dari suara vokal manusia.

 Ternyata suara Rocky dengan orangutan liar lain dan yang ada di penangkaran sangat berbeda. Para ilmuwan menyimpulkan Rocky bisa belajar suara dan mengendalikan suaranya dengan cara seperti manusia berbincang.

Para ilmuwan percaya Rocky bisa menjadi kunci untuk memahami bagaimana bahasa manusia berevolusi. “Belum jelas bagaimana bahasa berevolusi dari sistem komunikasi kera besar. Alih-alih mempelajari suara baru sebelumnya diduga kera besar mengeluarkan suara mereka berasal dari suatu dorongan yang tidak terkontrol, tapi penelitian kami membuktikan orangutan punya kapasitas untuk mengontrol suara mereka,” kata peneliti utama Dr Adriano Lameria, dari Universitas Durham, seperti yang dikutip Miror, Rabu (28/7).

Lameria menjelaskan Rocky menunjukan kontrol suara yang dimiliki manusia berasal dari nenek moyang mereka. Lamerian menjelaskan penelitian ini membuka potensi untuk mempelajari lebih lanjut kapabilitas vokal hominid ini. Penelitian Rocky dilakukan di Kebun Binatang Indianapolis, Amerika Serikat.:Republika

Baca juga: