Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaNewsSambut MEA, Fakultas...

Sambut MEA, Fakultas Teknik Unsyiah “Asah Otak” Siswa Aceh

BANDA ACEH – Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Syiah Kuala bakal mengasah otak siswa-siswi di Aceh dengan menggelar Lomba Berhitung Fakultas Teknik (LBFT) pada 17 Januari hingga 2 Mei 2016 mendatang.

Program LBFT ini bergerak di bidang pendidikan khususnya berhitung cepat dan tepat. LBFT yang ke-22 ini dikomandoi oleh mahasiswa Teknik Sipil semester enam dengan panitia inti mahasiswa Teknik Sipil angkatan 2013.

“Untuk tahun ini LBFT diadakan di 18 kota dan kabupaten se-Aceh dan ini menjadi  komitmen dari seluruh anggota panitia,” kata Windi Keniko, ketua panitia kegiatan saat dihubungi portalsatu.com, Selasa, 12 Januari 2016.

Sementaraa pendaftarannya sudah dibuka sejak 4 Januari 2016 lalu dan berakhir pada hari-H acara LBFT di daerah masing-masing.

“Misalnya Aceh Tamiang, acaranya tanggal 24 Januari, maka pendaftarannya juga sampai tanggal 24 Januari 2016. Serta syarat untuk pesertanya mereka yang bersekolah di daerah diadakannya LBFT, kecuali kategori umum,” katanya.

Lebuh lanjut, Windi mengatakan target peserta LBFT merupakan siswa-siswi SD, SMP, SMA, dan umum, boleh dari kalangan apa saja dengan jumlah tak batas.

Konsep utama LBFT XXII  2016 ini adalah perlombaan berhitung cepat dan tepat. LBFT tersebut memiliki tingkatan soal yang berbeda, mulai dari SD/MIA kelas 1-2, SD/MIB, kelas 3-4, SD/MIC, kelas 5-6, SMP/MTsN, SMA/MA sampai tingkatan umum.

“Setiap kategori terdiri dari babak penyisihan, semifinal lalu final dan semua kategori masing-masing yang juara pertama di 18 kabupaten kota, kecuali kategori umum akan dibawa ke Banda Aceh untuk dilombakan kembali dalam acara Grand Final dan memperebutkan juara pertama LBFT se-Aceh tiap kategori,” kata Windi.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada masyarakat terutama generasi muda tentang pentingnya kemampuan berhitung dalam kehidupan, meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di Aceh serta memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2016 di Aceh sesuai dengan jadwal Grand Final yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2016 mendatang.

“Selain itu, acara ini juga bertujuan untuk memotivasi siswa-siswi dalam menghadapi ujian di Aceh, memberikan gambaran kepada siswa -siswi bahwa persaingan semakin sulit apalagi di era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) sekarang,” katanya.

Acara yang mengusung tema 'Berpacu dalam Prestasi, Mewujudkan Generasi Aceh yang Mandiri' ini juga disponsori dan bekerjasama dengan TB Pustaka Paramitha, Creative Learning Center (Aplus), Teh Pucuk Harum, NaDiskon, CV. Mitra Karya, Socolatte, Tupperware, Wardah Cosmetic, Bro Topi, dan Minyeuk Pret.

“Kalau untuk lembaga didukung oleh Dinas Pendidikan Aceh, Universitas Syiah Kuala, BkkbN, Lembaga Pengadaan Jasa Konstruksi dan  BPJS Ketenagakerjaan,” ujar Windi.

Ia berharap, output yang diharapkan dari LBFT adalah bisa  meningkatkan rasa kompetitif antar siswa se-Aceh sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan Aceh ke depan.[] (ihn)

Baca juga: