Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaSuket 4.682, Penambahan...

Suket 4.682, Penambahan Surat Suara Pilkada Subulussalam Hanya 1.316

SUBULUSSALAM – Jumlah masyakarakat Kota Subulussalam yang sudah mengantongi Surat Keterangan (Suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukpencapil) sebagai pengganti e-KTP agar dapat menggunakan hak pilih di Pilkada 2018 mencapai 4.682 Suket.

Jumlah tersebut sejak Januari sampai 22 Juni 2018, belum termasuk hasil rekapitulasi 23 Juni hingga 26 Juni. Pengguna Suket berpotensi menembus anggka 5.000 lebih mengingat ada ratusan warga yang  datang ke Disdukpencapil mengurus Suket setiap harinya.

Berdasarkan data diperoleh dari KIP setempat, jumlah DPT Pilkada Subulussalam 49.748, penambahan surat suara hanya 2,50 persen dari jumlah DPT atau 1.316 total 51.064 surat suara pilkada.

Sementara Suket yang telah dikeluarkan Disdukpencapil Kota Subulussalam 4.682, sedangkan surat suara yang tersedia hanya 1.316. Artinya ada 3.366 pemilik Suket terancam tidak bisa menggunakan hak pilih pada 27 Juni nanti.

Angka tersebut juga belum termasuk hasil rekapitulasi Suket mulai 23 Juni sampai 26 Juni (besok). Setiap hari terdapat ratusan warga yang terus berdatangan ke Disdukpencapil untuk mengurus Suket menjelang Pilkada Subulussalam.

Pantauan portalsatu.com, Senin, 25 Juni 2018, ratusan warga terlihat memenuhi ruangan Kantor Disdukpencapil. Mereka rela mengantre berjam-jam untuk mendapatkan selembar Suket agar bisa menyalurkan hak pilih dalam pesta demokrasi di Bumi Sada Kata ini.

“Kami hanya mengeluarkan Suket, soal mereka dapat menggunakan hak pilih atau tidak, itu di luar kewenangan kami,” kata Sekretaris Disdukpencapil Kota Subulussalam, Bronson Boang Manalu.[]

Baca juga: