Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaNewsSutradara Nan T....

Sutradara Nan T. Achnas Jadi Juri Festival Film di Prancis

JAKARTA -Semakin banyak sineas Indonesia berkiprah di panggung festival internasional. Salah satunya adalah sutradara Indonesia Nan Triveni Achnas,53 tahun, yang  terpilih sebagai juri Festival Internasional Sinema Asia  (FICA) ke-22.Festival ini diselenggarakan di di kota Vesoul, Prancis dari tanggal 3 – 10 Februari 2016.

Festival ini pertama kali digelar pada 1995 dan merupakan festival tertua di Eropa yang berfokus pada sinema Asia. FICA dihadiri oleh 30 ribu pengunjung dan menghadirkan 90 film yang diproduksi atau dibuat di Asia setiap tahunnya.

Nan Triveni Achnas sebelumnya  telah menyutradarai beberapa film yang mendapat dukungan dari Fonds Sud Cinéma, sebuah program bantuan dana dari Prancis untuk film-film panjang terpilih asal Afrika, Amerika Latin, Asia Timur Dekat dan Timur Tengah. “Salah satu film Nan Achnas yang menerima bantuan tersebut adalah The Photograph,” ujar Dwi Setyowati, Atase Pers Institut Francais d’Indonesie dalam siaran persnya hari ini. The Photograph juga terseleksi dalam program Fokus Festival Sinema Prancis 2015 di Indonesia.

Pada 2013, Nan Achnas pernah diundang untuk menghadiri FICA yang pada saat itu menyelenggarakan program retrospektif sinema Indonesia. Tahun ini, ia akan bersanding dengan sutradara-sutradara Asia lainnya sebagai tim juri. Mereka adalah Im Song Soo (Korea, Presiden Juri), Mania Akbari (Iran) dan Euthana Mukdasanit (Thailand). Bersama-sama mereka bertugas untuk memilih tiga  film terbaik untuk tiga  penghargaan.

Nan Triveni Achnas merupakan lulusan Institut Kesenian Jakarta dan kini menjadi pengajar di tempat tersebut.Selain mengajar, dia juga menyutradarai berbagai film dokumenter dan film layar lebar. Dia terlibat dalam pembuatan film Pasir Berbisik, Bendera, The Photograph. Film terakhir ini mendapat penghargaan utama di Festival Internasional Karlovy Vary. Dia juga ikut memproduseri film  Pesantren:3 Doa 3 Cinta dan Khalifah. Kedua film ini juga mendapatkan penghargaan Film Favorit Penonton di FICA Vesoul.[]

Sumber: tempo.co

Baca juga: