Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaThawaf Dibuka Kembali,...

Thawaf Dibuka Kembali, Jamaah Dilarang Sentuh Kakbah

Usai mensterilisasi Masjidil Haram, kini Pemerintah Arab Saudi sudah membuka kembali akses bagi para jamaah umrah untuk melakukan thawaf mengelilingi kakbah.

Namun Pemerintah Arab Saudi masih membatasi area lokasi kakbah. Jamaah yang melaksanakan thawaf hanya bisa memandangi Kakbah tanpa bisa menyentuhnya, apalagi menciumnya. Selain itu kakbah dipagari hingga ke Hijr Ismail. Hajar Aswad pun tak boleh dicium.

Dilansir dari situs Daily Mail, para jamaah dilarang menyentuh kakbah dan hajar aswad hanyalah sementara. Hal ini sebagai langkah lanjutan Pemerintah Arab Saudi untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Seperti di dalam gambar ini, pengunjung masjid dihalangi untuk menyentuh Kakbah, dan ini adalah area yang biasa dan harus mereka (jamaah umrah) lewati. Tapi karena adanya COVID-19 kakbah pun ditutup sementara.

Kemudian, para jamaah pun masih tetap melaksanakan kewajibannya menyelesaikan rangkaian ritual umrah, meski tanpa harus menyentuh Kakbah dan hajar aswad.

Raja Salman mengizinkan jamaah hanya mengitari Kakbah tanpa menyentuhnya sejak Sabtu (7/3/2020) dini hari, seperti laporan resmi dari Saudi Press Agency (SPA).

Sebelumnya, Pemerintah Arab Saudi menangguhkan sementara visa para calon jamaah umrah dari berbagai negara, termasuk Indonesia dan melarang pergi ke Tanah Suci untuk pencegahan virus korona yang mewabah di beberapa negara.[]Sumber:okezone

Baca juga: