Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
BerandaTim Peusaba Meuhadap...

Tim Peusaba Meuhadap Sultan Iskandar Muda

BANDA ACEH – Tim Peubeudoh Sejarah dan Budaya (Peusaba) mengadakan acara Meuhadap Sultan guna memperingati Haul ke 391 Sultan Iskandar Muda. Peringatan dilaksanakan berdasarkan kalender Islam yang bertepatan dengan 29 Rajab 1437 Hijriah.

“Acara ini memang sengaja dibuat secara sederhana,” ujar Ketua Panitia, Mawardi Usman kepada portalsatu.com, Minggu, 8 Mei 2016. 

Dia mengatakan pada masa lalu, setiap bangsawan dan ulama datang pada Haul Sultan mereka semua meletakkan senjatanya. “Kemudian barulah naik untuk membaca Alfatihah dan berdoa kepada almarhum yang mangkat,” katanya.

Seperti diketahui, Iskandar Muda merupakan Sultan Aceh yang berhasil membawa kerajaan ini berjaya di Sumatera dan Selat Malaka. Dalam berbagai referensi sejarah Aceh disebutkan Sultan Iskandar Muda telah mampu mengibarkan bendera kerajaan hingga ke sebagian daerah di Sumatera hingga semenanjung Malaysia. Di sepanjang hidupnya, Sultan Iskandar Muda menjadi momok menakutkan bagi Portugis yang menguasai Malaka. 

“Acara ini juga bertujuan memulihkan nilai-nilai adat dan budaya Aceh, dan penghormatan terhadap pemimpin terdahulu,” katanya.[](bna)

Baca juga: