Minggu, Juli 14, 2024

Tanggapan Ketua DPRK Aceh...

ACEH UTARA - Mendagri Tito Karnavian memperpanjang masa jabatan Pj. Bupati Aceh Utara...

Selamat! 2 Siswa Kota...

SUBULUSSALAM - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta...

Besok, Mahyuzar akan Terima...

ACEH UTARA - Dr. Mahyuzar, M.Si., akan menerima Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang...

Jabatan Pj Bupati Aceh...

ACEH UTARA - Masa jabatan Penjabat Bupati Aceh Utara, Dr. Mahyuzar, genap satu...
BerandaTujuh Rumah Rusak...

Tujuh Rumah Rusak Akibat Angin Kencang di Sabang

SABANG – Angin kencang disertai hujan melanda Kota Sabang mengakibatkan tumbangnya pepohonan terhadap sejumah rumah warga. Selain itu, pohon juga tumbang melintang di badan jalan di kawasan tersebut, Senin, 18 Juni 2018, sekitar pukul 04.00 WIB.

Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sabang, Samsul Rizal, mengatakan, beberapa atap rumah warga disapu angin kencang. Ada pula sejumlah pohon tumbang menghantam rumah, dan pohon tumbang melintang di badan jalan.

“Saat itu, kita bersama tim sekitar pukul 06.00 WIB pagi, langsung bergerak cepat untuk melakukan evakuasi. Alhamdulillah bisa teratasi dengan maksimal sehingga saat ini aktivitas sudah normal kembali,” kata Samsul Rizal, dihubungi portalsatu.com, Senin, sore.

Menurut Samsul, rumah warga yang rusak akibat angin kencang di Gampong Kuta Barat milik Rahma dan Zulfikar. Di Gampong Balohan tiga rumah milik Firdaus, Muhammad Yahya, dan Nek Aloh.

“Sekitar pukul 15.00 WIB tadi, juga menimpa satu rumah Dinas Angkatan Laut yakni milik Rasyidin dan rumah Anto, warga setempat,” ujar Samsul Rizal.

Samsul menyebutkan, pohon tumbang melintang di badan jalan arah pusat kota menuju Pantai Iboeh terdapat dua titik. Di jalan dari Pantai Iboeh melewati Gua Sarang delapan titik.

“Sedangkan bagi masyarakat yang hendak menuju ke Kilometer 0 sekitar pukul 10.00 WIB sudah normal, dan tidak ada lagi kendala apapun. Untuk kawasan Gua Sarang sekitar pukul 12.00 WIB normal kembali seperti biasanya. Masyarakat pun ikut membantu bergotong royong untuk membersihkan ranting-ranting pepohonan tersebut,” katanya. 

Menurut dia, pihaknya juga berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Sabang dalam menangani dampak bencana tersebut. “Alhamdulillah saat ini kondisi cuaca di Kota Sabang sudah kembali normal,” ungkap Samsul.

Samsul menambahkan, bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara silakan berkunjung ke Kota Sabang.  “Karena tumbang pepohonan itu hanya terjadi di lintasan (jalan) saja, artinya tidak terlalu berpengaruh di pesisir pantai. Silakan berkunjung untuk menikmati keindahan alam Sabang,” ujarnya.[]

Baca juga: