Kamis, Juli 25, 2024

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...

Hendry Ch Bangun Tanggapi...

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun menegaskan,...

Puluhan Personel Polres Aceh...

LHOKSUKON - Polres Aceh Utara melakukan tes narkoba melalui metode tes urine menggunakan...
Beranda1369 Lulusan Unsyiah...

1369 Lulusan Unsyiah Diwisuda

BANDA ACEH – Universitas Syiah Kuala kembali mewisuda 1.369 lulusannya dari berbagai jenjang pendidikan, mulai dari diploma, sarjana, profesi, dan pascasarjana. Prosesi ini dilakukan melalui Rapat Senat Terbuka di Gedung AAC Dayan Dawood Unsyiah, periode November 2016 – Januari 2017, Rabu, 8 Februari 2017.

Dalam pidatonya, Rektor Unsyiah, Prof. DR. Ir. Samsul Rizal, M.Eng. mengatakan, pelepasan wisudawan pada periode ini dilakukan dengan dua tahap dan selama dua hari.

“Insya Allah, kali ini para lulusan akan dilepas dalam dua gelombang, yaitu hari ini dan besok, 8 dan 9 Februari 2017. Secara keseluruhan mereka akan dilepas dalam upacara wisuda periode November 2016 sampai dengan Januari 2017 ini berjumlah 1369 orang,” kata Samsul Rizal.

Rektor Unsyiah juga memberikan apresiasi kepada 38 orang yang lulus dengan predikat sangat istimewa (cumlaude).

“Rasanya tidaklah berlebihan jika kita memberikan apresiasi khusus kepada 22 orang lulusan cumlaude tersebut (wisuda Rabu, 8 Februari 2017). Sebanyak 16 orang lulusan cumlaude lainnya akan diwisuda Kamis, 9 Februari 2017,” kata Samsul Rizal.

Sejak pertama kali berdiri hingga kini, Universitas Syiah Kuala telah meluluskan 111.595 wisudawan dengan berbagai disiplin ilmu.

“Secara keseluruhan jumlah lulusan sarjana, pendidikan profesi spesialis, pascasarjana yang telah dihasilkan oleh universitas Jantong Hatee Rakyat Aceh menjadi 86.032 orang. Sementara jumlah lulusan diploma dari berbagi disiplin keilmuan 25.563 orang,” kata Samsul Rizal.

Samsul Rizal juga mengatakan, Unsyiah mengapresiasi 38 lulusan dengan tingkat yudisium cumlaude. Kini jumlah lulusan Unsyiah kian bertambah dengan adanya wisuda ini.

Pada pidatonya, Rektor Unsyiah juga menyampaikan harapannya kepada para wisudawan untuk menjaga almamater universitas dan mampu menjadi contoh di masyarakat, terutama mengenai pentingnya kejujuran, keikhlasan, dan kebersamaan.

“Kami sangat berharap kepada para wisudawan yang sebentar lagi akan menjadi alumni Universitas Syiah Kuala, mampu mempresentasikan almamater mereka untuk menjadi agen terdepan yang mencontohkan kejujuran, keikhlasan, dan kebersamaan sehingga para alumni ini insya Allah akan mampu menjadi bagian penting bagi bangsa untuk keluar dari berbagai permasalahannya,” kata Samsul Rizal.[] (*sar)

Laporan Mhd. Saifullah

Baca juga: