Sabtu, Juli 20, 2024

Peringati Haul Abati Banda...

LHOKSEUMAWE - Ratusan jamaah Tarbiyah Islamiyah Mazhab Syafi'i Aceh menggelar pawai akbar dalam...

Pj. Bupati Aceh Utara...

ACEH UTARA - Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menyerahkan bantuan masa panik secara simbolis...

Sekum PB PON Wilayah...

BANDA ACEH – Progres pembangunan beberapa venue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI...

PT PIM Bantu Korban...

ACEH UTARA - PT Pupuk Iskandar Muda (PIM) menyerahkan bantuan kepada korban badai...
Beranda36 Tahun Kakek...

36 Tahun Kakek Membelah Gunung Agar Kampungnya Teraliri Air

Seorang petani di Tiongkok, rela menghabiskan hidupnya selama 36 tahun menggali saluran irigasi dengan melalui tiga gunung dan 10 bukit demi warga di desanya.

Huang Dafa dilaporkan telah membangun enam jalur yang terletak di Provinsi Guizhou tenggara antara tahun 1958 dan 1994. Setelah penduduk desa mengetahui visi kakek Huang, mereka kemudian terinspirasi dan mulai membantu menyelesaikan proyeknya itu.

Penduduk desa bahkan menamai saluran irigasi enam mil dengan Saluran Dafa untuk menghormati pengorbanan pria berusia 81 tahun yang tiada henti untuk membantu penduduk di desa terpencil itu.

Dilansir Nextshark, Senin (24/4/2017), desa yang berada di ketinggian 4.101 kaki di pegunungan Provinsi Guizhou, tersebut memang tidak memiliki sumber air. Penduduk desa bahkan membutuhkan waktu dua jam untuk berjalan ke desa Yebiao, mengantri untuk mengambil air minum.

Sebanyak 1.300 penduduk desa bahkan menggunakan air hujan yang disimpan menggunakan tempat semacam sumur. Untungnya, berkat Huang dan 200 penduduk yang membantunya, kini air mulai mengalir di desa mereka.

Proyek tersebut dimulai setelah Huang terpilih sebagai kepala Desa Caowangba pada tahun 1958. Sejak saat itu, ia mulai memutuskan melakukan sesuatu untuk penduduk desa dengan sedikit pengetahuan tentang irigasi bangunan yang ia ketahui.

Untuk merealisasikan proyek tersebut dengan baik, ia bahkan sering meninggalkan keluarganya untuk bermalam di gua.[]Sumber:liputan6

Baca juga: