Kamis, Juli 25, 2024

Warga Lhoksukon Dihebohkan Penemuan...

LHOKSUKON - Masyarakat Gampong Manyang, Kecamatan Lhoksukon, Aceh Utara, dihebohkan penemuan mayat laki-laki...

Capella Honda Gandeng Jurnalis...

BANDA ACEH - Dalam rangka kampanye Sinergi Bagi Negeri, PT Astra Honda Motor...

Kejari Gayo Lues Eksekusi...

BLANGKEJEREN - Kejaksaan Negeri Kabupaten Gayo Lues kembali mengeksekusi uqubat cambuk terhadap delapan...

Pj Bupati Gayo Lues...

 BLANGKEJEREN - Askab PSSI Kabupaten Gayo Lues mulai mengelar pertandingan sepak bola Antar...
BerandaBerita Aceh BesarAceh Besar Bersinergi...

Aceh Besar Bersinergi Dukung Kemajuan Pustaka Gampong

KOTA JANTHO – Pegiat literasi dan pustakawan Kabupaten Aceh Besar, bersinergi mendukung kemajuan literasi perpustakaan gampong dalam wilayah Aceh Besar.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Aceh Besar Fazlun SH MT, mengajak segenap elemen untuk ikut serta mendukung kegiatan literasi dan upaya memajukan perpustakaan gampong.

“Banyak cara yang bisa dilakukan, misalnya mendukung ketersediaan buku dan sebagainya,” kata Fazlun di Kota Jantho, Senin, 31 Juli 2023.

Hal itu sebagaimana dilakukan oleh Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) Negeri Ladong yang telah mendukung buku untuk Pustaka Gampong Lambitra Kecamatan Darussalam.

“Ini patut kita apresiasi, masih banyak kekurangan buku bacaan di perpustakaan gampong dan terbuka kesempatan bagi yang mau membantunya,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pustakawan Indonesia (IPI) Kabupaten Aceh Besar Rahmawati SIP mengatakan, telah mendorong teman-teman pustakawan untuk saling sharing buku-buku yang terlalu banyak di suatu tempat, kemudian didistribusikan ke tempat lainnya. “Kita saling sharing, misalnya terlalu banyak beberapa bacaan disuatu tempat, kita distribusi ke Pustaka lain,” katanya.

Hal itu kata Rahma, akan mendukung dan menciptakan minat baca secara merata dalam wilayah yang masih kurang minat baca karena kurangnya bacaan.

“Alhamdulillah, dengan bantuan hibah buku dari SUPM Negeri Ladong ke Pustaka Gampong Lambitra Kecamatan Darussalam, menjadi motivasi serta dapat diikuti oleh lembaga lain,” harapnya.

Pengelola Pustaka SUPM Negeri Ladong Muchtar, S.Pi mengaku sebagai pegiat literasi dan pengelola pustaka yang aktif dalam organisasi IPI Aceh Besar, ia memiliki semangat untuk membangun literasi dan motivasi membaca di gampong.

“Untuk itu kita menghibahkan beberapa buku untuk teman-teman pengelola Pustaka gampong, saling mendukung gerakan membangun literasi dan semangat membaca bagi generasi pemula,” tutup Muchtar. (rilis)

 

Baca juga: