Selasa, Juni 25, 2024

Yayasan HAkA Minta APH...

BANDA ACEH - Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh...

HUT Ke-50, Pemkab Agara-Bulog...

KUTACANE - Momentum HUT Ke-50, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara bekerja sama dengan...

Pemilik Gading Gajah Super...

BLANGKEJEREN - Satreskrim Polres Kabupaten Gayo Lues berhasil mengungkap kasus kepemilikan dua gading...

YARA Minta Polisi Transparan...

ACEH UTARA - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mendesak kepolisian serius menangani kasus...
BerandaBerita Banda AcehIni Nama-Nama Calon...

Ini Nama-Nama Calon Anggota Panwaslih Kab/Kota Zona I Aceh Lulus Tes Kesehatan dan Wawancara

BANDA ACEH – Tim Seleksi Calon Anggota Panwaslih Kabupaten/Kota Zona I Aceh akhirnya mengumumkan nama-nama peserta yang lulus tes kesehatan dan wawancara, Selasa, 1 Agustus 2023, setelah sempat tertunda dari jadwal sebelumnya pada 25 Juli 2023.

“Pengumuman tersebut melalui proses tahapan di Bawaslu RI. Jadi, timsel tidak langsung mengeluarkan pengumuman, tapi ada proses review oleh Bawaslu RI,” kata Ketua Timsel Calon Anggota Panwaslih Kabupaten/Kota Zona I Aceh, Dr. Yusrizal, dalam keterangannya kepada portalsatu.com, Selasa (1/8), pagi.

Yusrizal menjelaskan tentang proses tersebut, mulanya timsel mengirimkan nilai wawancara para peserta ke Bawaslu RI melalui aplikasi MR Bawaslu. Selanjutnya, Bawaslu menggabungkan nilai wawancara dengan nilai tes kesehatan, dan mengirimkan penggabungan nilai tersebut kepada timsel.

Setelah itu, timsel men-download Berita Acara Nilai dan draf pengumuman untuk melakukan verifikasi apakah data sudah sesuai atau belum. Selanjutnya timsel menandatangani berita acara dan draf pengumuman tersebut, lalu dikirimkan kembali ke Bawaslu RI untuk di-review.

“Proses review ini memerlukan waktu, karena Bawaslu RI harus mengecek kembali semua proses nilai apakah sudah sesuai dengan laporan di sistem atau tidak. Setelah proses review tersebut selesai, Bawaslu RI baru mengizinkan timsel untuk mengeluarkan pengumuman kelulusan dua kali kebutuhan untuk setiap kab/kota,” ujar Yusrizal.

Adapun nama-nama calon anggota Panwaslih Kab/Kota Zona I Aceh lulus tes kesehatan dan wawancara, Banda Aceh: Ambia Dianda, Inayatsyah , M.Si., Hamdan, Zahrul Fadhi. S.S., M.A., Ely Safrida, dan Heppy, S.E., M.Si., Ak.

Aceh Besar: Safriadi, Hafidh Hs, Ainal Mardiah, Junaidi, Suhaimi, dan Jufriadi.

Sabang: Boyhaqqi, Fadhlullah, Kurdinar, Bustanul Muslem, Lailatul Qadri, dan Afriq.

Aceh Jaya: Hidayatullah, Kamaruzzaman, Muhammad Afzal, Ramadana, Hendri, M.Si., dan Mashari.

Pidie Jaya: Yusra Hayati, Mahfuzzal, Fajri, Andi Firdhaus, Khairuddin, dan Rahmat Saputra, S.Pd.I.

Pidie: Indra Abidin, Mukhtar, Tuti Nurhadis, Muhammad Rizal, Nelliyana, Muhammad Khairullah, Muhammad Andri, Jefri Bahar, Syarifuddin, dan Junaidi.

“Selanjutnya peserta yang lulus wawancara akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilakukan oleh Bawaslu,” kata Yusrizal.

Masyarakat diharapkan memberikan tanggapan tertulis terhadap calon anggota Bawaslu (Panwaslih) kabupaten/kota, ditujukan kepada Ketua Bawaslu. “Identitas pelapor akan dirahasiakan,” ucap Yusrizal.[](ril)

Baca juga: