Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaAnggaran Seleksi MTQ...

Anggaran Seleksi MTQ Pidie Rp800 Juta, Ini Penjelasan Panitia

SIGLI – Pemerintah mengalokasikan anggaran kegiatan seleksi peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Kabupaten Pidie tahun 2020 Rp800 juta. Dana itu hanya untuk kegiatan seleksi tanpa ada uang transportasi dan penginapan peserta.

Ketua panitia seleksi yang juga Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Pidie, Teuku Sabirin, kepada portalsatucom, Selasa, 24 November 2020, mengatakan, menghadapi pelaksanaan MTQ Aceh tahun 2021 di Bener Meriah, Pidie menyiapkan qari dan qariah yang akan berlomba nantinya. 

“Sebenarnya sebagai persiapan kafilah, kita menggelar MTQ kabupaten, namun lantaran Covid-19 even itu tidak bisa dilaksanakan. Sebagai gantinya dalam rangka menyiapkan peserta kita gelar seleksi kabupaten,” kata Sabirin.

Pelaksanaan seleksi sudah dianggarkan dana pada APBK perubahan Rp800 juta. Awalnya ada dana untuk pelaksanaan MTQ kabupaten, namun dihapus saat refocusing anggaran. 

“Dalam perubahan kita ajukan lagi untuk kegiatan seleksi, karena berdasarkan konfirmasi dengan panita provinsi, MTQ Aceh dipastikan pelaksanaan tahun 2021. Dasar itulah kita harus melaksanakan seleksi sebagai ganti MTQ. Alhamdulillah ada dianggarkan Rp800 juta dalam perubahan,” jelas Sabirin.

Sabirin menjelaskan, dana itu hanya cukup untuk kegiatan seleksi 515 peserta. Sedangkan biaya peserta ditanggung pihak kecamatan masing – masing. Panitia hanya memberikan makan dan minum peserta dan hadiah uang pembinaan tanpa piala karena keterbatasan anggaran.

Menurut Sabirin, peserta tidak menginap, setelah seleksi sesuai jadwal, mereka langsung pulang. Adapun jadwal kegiatan 24 November hingga 5.Desember 2020. 

“Kepada mereka yang menjadi juara akan diberitahukan kembali dan dipersiapkan untuk mengikuti MTQ Aceh tahun depan,” pungkasnya.[]

Baca juga: