Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaAngka Kelahiran Anak...

Angka Kelahiran Anak di Subulussalam di Atas 77 Persen

SUBULUSSALAM – Angka kelahiran anak di Kota Subulussalam di atas 77 persen dan merupakan salah satu kabupaten/kota di Aceh yang tertinggi di Bumi Serambi Mekkah ini.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Subulussalam, Bicar Sinaga kepada portalsatu.com, Sabtu 30 Juli 2016 mengatakan karena angka kelahiran tertinggi Subulussalam ditunjuk oleh pemerintah pusat untuk melaksanakan program KIA

Bicar Sinaga menyebutkan di Aceh hanya Subulussalam dan Bener Meriah ditunjuk oleh Kementerian Dalam Negeri untuk melaksanakan uji coba program KIA. Salah satu indikator program ini yaitu angka kelahiran suatu daerah harus di atas 77 persen. 

Ia menyebutkan pembuatan KIA dijadwalkan dalam waktu dekat setelah Tim Kementerian Dalam Negeri melalui Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil melakukan sosialisasi kepada masyarakat di Kota Subulussalam pada Rabu 27 Juli lalu.

Lebih jauh Bicar menjelaskan, berdasarkan informasi dari pihak Dirjen Disdukcapil dana awal untuk program KIA ditanggung oleh pemerintah pusat seperti alat dan blangko. Sementara daerah hanya menyiapkan tenaga ahli untuk mencetak kartu identitas tersebut.

Adapun perwakilan dari Dirjen Disdukcapil yang datang ke Subulussalam baru-baru ini berjumlah dua orang yakni Drs Sigiq dan Sunarno.

“Sosialisasi sudah dilakukan langsung oleh Dirjen Disdukcapil kepada masyarakat. Sekarang tinggal menunggu alat dan blangko dari Jakarta,” ungkapnya. 

Laporan Sudirman

Baca juga: