Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaNewsApdesi Minta Pemerintah...

Apdesi Minta Pemerintah Unggulkan Program Gampong

IDI RAYEK – Sekretaris Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Aceh Timur, Mahyuddin Kubar menyebutkan melonjaknya angka kemiskinan Aceh diakibatkan sulitnya mendapat lapangan pekerjaan. Hal ini ditanggapinya mengenai bertambahnya angka kemiskinan Aceh dalam tahun 2015.

“Pemerintah saat ini memiliki berbagai program penanggulangan kemiskinan yang terintegrasi mulai dari program penanggulangan kemiskinan berbasis bantuan sosial, dan lainnya, namun hal itu belum menyentuh secara merata kepada masyarakat Aceh,” ujarnya saat diwawancarai portalsatu.com di Idi, Kamis, 7 Januari 2016.

Menurutnya,  untuk meningkatkan efektifitas upaya penanggulangan kemiskinan, presiden telah mengeluarkan Perpres No. 15 Tahun 2010 tentang Percepatan Penanggulangan Kemiskinan, yang bertujuan untuk mempercepat penurunan angka kemiskinan hingga 8 % sampai 10 % pada akhir tahun 2014.

“Terdapat empat strategi dasar yang telah ditetapkan dalam melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan, yaitu menyempurnakan program perlindungan sosial, peningkatan akses masyarakat miskin terhadap pelayanan dasar pemberdayaan masyarakat, dan pembangunan yang inklusif,” katanya.

Namun, kata Mahyuddin, pemerintah masih terkendala dalam menumpas angka kemiskinan tersebut. Faktor utama, adalah populasi yang terus meningkat tidak dimbangi dengan adanya lapangan pekerjaan yang memadai, sehingga banyak muncul pengangguran di kabupaten kota setiap tahunnya,” katanya.

“Membuka lapangan pekerjaan jauh lebih penting agar setiap tahunnya tidak menambah angka pengangguran,” ucapnya.

Mahyuddin berharap pemerintah ke depan lebih mengungulkan program pemerintahan di gampong untuk membantu mengurangi kemiskinan di Aceh.

“Saya pribadi yakin ke depan akan lebih baik dengan adanya program pemerintahan di gampong, minimal dapat sedikit mengurangi angka pengangguran,” katanya.[](tyb)

Baca juga: