BerandaBerita AcehAtasi Longsor dan Tingkatkan PAD, Gayo Lues Beli Excavator Seharga Rp 1,8...

Atasi Longsor dan Tingkatkan PAD, Gayo Lues Beli Excavator Seharga Rp 1,8 Miliar

Populer

BLANGKEJEREN – Pemerintah Daerah Kabupaten Gayo Lues membeli satu unit alat berat jenis excavator untuk mengatasi bencana longsor, dan meningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), alat berat tersebut bebas digunakan masyarakat sesuai ketentuan asalkan membayar PAD.

Pj Bupati Gayo Lues H. Alhudri didampinggi Sekda H, Jata SE., Rabu, 05 Juni 2024, mengatakan Dinas Pekerjaan Umum (PU) harus semaksimal mungkin menjaga dan merawat alat berat yang sudah dibeli tersebut, sehingga bisa mengatasi bencana longsor dan meningkatkan PAD.

“Siapapun yang memakai atau meminjam alat berat ini, baik itu pengusaha, pejabat, maupun masyarakat diperbolehkan, asalkan membayar PAD sesuai ketentuan,” katanya di kantor Bupati Gayo Lues saat penyerahan ke Dinas PU.

Pj Bupati mengatakan hari ini dirinya menitipkan alat berat yang dibeli menggunakan uang rakyat itu ke Dinas PU untuk dipergunakan sebaik mungkin, jangan sampai berpindah tanggan ataupun hilang.

“Ketika ada banjir bandang atau tanah longsor, masyarakat tidak tahu apakah jalan itu lintas nasional ataupun Provinsi, masyarakat hanya meminta bantuan kepada Pemda Gayo Lues, jadi inilah fungsi alat berat ini, mengatasi longsor supaya masyarakat bisa beraktifitas,” ujarnya.

“Mudah-mudahan kalau anggaran cukup, tahun depan kita akan membeli satu unit Trado lagi, supaya mudah mrngangkut alat berat excavator ini ke lokasi yang dibutuhkan,” katanya.

Kepala Dinas PU Gayo Lues Jakaria S.Hut., mengatakan masalah besaran PAD atau target PAD dari alat berat Excavator itu akan diatur melalui Peraturan Bupati (Perbub), sehingga bisa diketahui berapa per jam atau berapa per harinya.

“Sesuai perintah pak Pj Bupati, masalah PAD ini akan dibuat Perbubnya, sehingga siapapun yang meminjam jelas jumlahnya, dan kemana diserahkan uangnya,” katanya.

Dengan adanya alat berat jenis excavator itu kata Jakaria, Dinas PU Gayo Lues akan sangat terbantu, terutama dalam menagani musibah tanah longsor dan banjir bandang yang hampir setiap tahun menimpa Kabupaten Gayo Lues.[]

 

 

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya