BerandaBerita Aceh UtaraBabinsa Latih Warga Budi Daya Maggot untuk Hasilkan Uang

Babinsa Latih Warga Budi Daya Maggot untuk Hasilkan Uang

Populer

LHOKSUKON – Serda Samsudin, Babinsa Koramil 29/Lkh Kodim 0103/Aceh Utara, melatih masyarakat di Desa Tanjong Dalam Selatan, Kecamatan Langkahan, cara budi daya maggot (Hermetia illucens), Ahad, 24 Oktober 2021.

Maggot atau belatung black soldier fly (lalat tentara hitam) saat ini dilirik masyarakat luas lantaran bisa menjadi pakan ayam, bebek, ikan, dan burung, sehingga bernilai ekonomis. Selain itu, pembudidayaan maggot juga bermanfaat secara lingkungan.

“Makanan maggot adalah sampah organik atau sampah dapur yang bisa diperoleh dari rumah-rumah warga di seputaran tempat budidaya maggot. Sampah yang dikumpulkan dicacah hingga halus untuk mempermudah maggot mencerna makanannya,” ujar Serda Samsudin.

Serda Samsudin berharap setelah mengikuti pelatihan nantinya masyarakat bisa membudidayaan maggot secara berkelanjutan sehingga akan memperoleh pendapatan/uang. “Ini dapat menjadi usaha mandiri bagi warga yang serius membudidayakan maggot. Usaha ini berpotensi berkembang yang kemudian juga bisa dikelola pemuda-pemuda di Gampong Tanjung Dalam Selatan ini,” tuturnya.

Selain mendapatkan pengetahuan pembudidayaan maggot, pemuda-pemuda desa itu memperoleh ilmu tentang kewiraswastaan yang lebih baik dari Serda Samdudin.

“Masyarakat juga bisa belajar pembudidayaan ikan lele sistem bioflok di lokasi budi daya maggot ini,” ucap Serda Samsudin.[](ril)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya