BerandaBerita PidieBangun Kantin MUQ, Pemkab Pidie Gelontorkan Rp2 Miliar Lebih

Bangun Kantin MUQ, Pemkab Pidie Gelontorkan Rp2 Miliar Lebih

Populer

SIGLI – Pemerintah Kabupaten Pidie menggelontorkan anggaran Rp2,2 miliar untuk membangun Kantin dan Warung Serba Ada (Waserda) di Kompleks Madrasah Ulumul Quran (MUQ) Pidie.

Anggaran dari Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tersebut dianggarkan dua kali. Tahun 2022 Rp805 juta, ditambah 2023 lanjutan Rp 1,4 miliar.

Pantauan portalsatu.com, Selasa, 22 Agustus 2023, di lokasi pembangunan Kantin dan Waserda dalam Kompleks MUQ, baru terlihat fondasi dan tiang. Pada papan nama tertera pembangunan Kantin dan Waserda, sumber dana APBK Pidie (DOKA) 2022.

Tidak ada aktivitas pekerja di lokasi, padahal tahun ini juga ada anggaran Rp1,4 miliar bersumber dari APBK Pidie (DOKA) dan sudah ada pemenang tender selaku kontraktor pelaksana, CV Zakia Perkasa.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Pidie, drh. Muslizar Efendi, kepada portalsatu.com, Selasa (22/8), membenarkan adanya penganggaran untuk pembangunan Kantin dan Waserda yang diperuntukkan kepada MUQ.

“Benar, tahun ini ada dialokasikan Rp1,4 miliar. Setelah melalui proses pelelangan, proyek pembangunan lanjutan dikerjakan CV Zakia Perkasa dengan anggaran Rp1,2 miliar lebih. Sedangkan tahun lalu dengan anggaran Rp805 juta hanya untuk membangun fondasi dan 36 tiang yang dikerjakan CV Nusa Agung. Alhamdulillah, siap dikerjakan,” ujar Muslizar.

Muslizar menyebut pekerjaan akan dilanjutkan tahun ini. Akan tetapi, menurut dia, anggaran sebanyak itu tidak cukup untuk membangun hingga rampung. Dia beralasan usulan tersebut diajukan pada tahun 2018, seiring tahun berjalan harga barang terus melonjak sehingga tidak sesuai lagi dengan hitungan saat usulan.

“Kita perkirakan memang tidak cukup anggaran hingga bangunan selesai dan dapat dipergunakan. Mungkin harus ada anggaran lanjutan tahun depan,” tutur Muslizar yang mengaku usulan program tersebut sebelum dirinya bertugas di Dinas Pendidikan Dayah.

Disinggung seberapa pentingnya fasilitas Kantin dan Waserda untuk MUQ, Muslizar mengaku, itu merupakan tindak lanjut usulan pengurus MUQ agar para santri tidak lagi keluar masuk dengan alasan berbelanja di luar. Dengan adanya kantin dan waserda di kompleks itu, para santri semakin tertib dan mudah dikontrol.[](Zamahsari)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya