Kamis, Juli 25, 2024

Cari HP di Bawah...

Mencari HP dengan harga terjangkau namun tetap memiliki performa yang handal memang bisa...

Siswa Diduga Keracunan Selepas...

SIGLI - Jumlah siswa yang dirawat akibat dugaan keracunan setelah konsumsi nasi gurih...

Spanduk Dukungan Bustami Maju...

LHOKSEUMAWE - Sejumlah spanduk berisi dukungan kepada Bustami Hamzah untuk mencalonkan diri sebagai...

Yayasan Geutanyoe Rayakan Hari...

LHOKSEUMAWE - Yayasan Geutanyoe merayakan Hari Anak Nasional tahun 2024 bersama 227 anak...
BerandaNewsBelum Ada Keputusan...

Belum Ada Keputusan Nama Pendamping Muzakir Manaf

BANDA ACEH – Respon positif dari berbagai lapisan masyarakat baik di Aceh maupun di luar daerah terus berdatangan terkait pencalonan Muzakir Manaf sebagai calon Gubernur Aceh. Hal ini disampaikan oleh Koordinator Koalisi Aceh Bermartabat, Wen Rimba Raya, menjawab pertanyaan yang diajukan portalsatu.com, Rabu, 20 Januari 2016.

“Sebagai partai politik terbesar di Aceh, Partai Aceh, kita telah siap dengan segala  pertimbangan yang matang ditambah dengan kekuatan partai politik yang tergabung dalam KAB (Koalisi Aceh Bermartabat). Dengan dua kekuatan pilar yang kokoh akan memantapkan misi bersama membangun Aceh yang dicita-citakan,” kata Wen Rimba Raya.

Publik sangat menunggu calon pendamping yang bakal dipilih Muzakir Manaf untuk melaju di Pilkada 2017 nanti. Namun menurut Wen Rimba Raya, keputusan memilih calon Wakil Gubernur pendamping Mualem belum dilakukan.

“Untuk nama belum kita putuskan. Semua masih kita proses,” katanya. 

Namun, Wen menyebutkan, idealnya untuk keseimbangan dan kepentingan Aceh, pasangan Mualem ke depan diharapkan berasal dari tokoh-tokoh yang mampu memberikan kontribusi positif bagi Aceh dan hubungan dengan Jakarta. Hingga sekarang, kata dia, tidak ada upaya khusus yang dilakukan untuk menjaring pasangan pendamping Mualem.

“Karena konsep yang kita bangun dengan wujud kebersamaan, sehingga komunikasi terus kita lakukan walaupun sudah ada beberapa nama yang akan kita pertimbangkan, dari hasil kajian berbagai aspek sangat pantas dan akan mampu bekerja sama nantinya,” kata Wen Rimba Raya.

Wen Rimba Raya mengatakan pihaknya sangat menghargai setiap keputusan yang diambil oleh setiap partai politik, yang menawarkan pasangan calon wakil gubernur ke depan. Hal ini juga berkaitan dengan nama Amir Faisal yang beberapa waktu lalu diisukan bakal mendampingi Mualem.

“Sudah banyak yang berkembang, bukan hanya Amir Faisal, tapi tokoh lain  yang ada di Jakarta. Dari lokal juga ada permintaan tokoh dari kawasan barat selatan serta poros tengah. Semua patut kita hargai karena Aceh ini milik kita bersama,” ujarnya.

Menurut Wen Rimba Raya, proses penawaran calon pendamping Mualem ini dilakukan sangat demokratis. Bahkan ada yang menyerahkan sepenuhnya keputusan yang terbaik kepada Mualem untuk pasangannya. “Agar beliau nyaman dalam bekerja nantinya,” katanya.

Dia mengatakan memang ada beberapa syarat atau kriteria yang ditentukan Mualem dalam memilih calon wakilnya, baik untuk tokoh lokal maupun tokoh Aceh di Jakarta. Diantaranya adalah sosok yang memiliki komitmen, setia, jujur, dan memiliki intregritas tinggi untuk Aceh.

“Di samping sifat-sifat kepemimpinan dalam Islam seperti siddiq (jujur), tablikh (menyampaikan), amanah (dapat dipercaya) dan tentunya fathanah (cerdas) untuk menakhodai Pemerintah Aceh ini,” ujarnya.

Menurutnya Aceh ke depan harus dipimpin oleh seorang yang memiliki jiwa leadership sehingga mampu menjembatani dan menyatukan semua elemen. Wen mengatakan ke depan, pihaknya juga akan menggalang SDM asal Aceh di masa mendatang, baik dari kalangan pengusaha, akademisi dan tokoh-tokoh di dalam maupun di luar.

“Semua potensi untuk membangun Aceh (akan dirangkul). Persoalan darimana itu bukan suatu hal yang mutlak, yang paling penting berpikir, bekerja dan berkorban untuk rakyak Aceh,” kata Wen via pesan singkat.[](bna)

Laporan: Adi Gondrong

Baca juga: