Senin, Juli 22, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaNewsMie Aceh Pidie:...

Mie Aceh Pidie: Mie Lidi Empuk Berpadu Udang, Daging Kambing, dan Sapi

Dingin udara musim hujan paling asyik menyantap mie Aceh yang hangat berempah. Gerai ini bisa jadi pilihan. Ada juga roti cane yang gurih dengan cocolan kuah kari. Sedap!

Gerai kecil yang menjual hidangan khas Aceh di food court ini tak terlalu mencolok karena letaknya agak ke belakang. Menu khas Acehnya lumayan beragam. Ada olahan mie, nasi, hingga makanan kecil seperti roti cane, martabak, dan teh tarik.

Pastinya Mie Aceh Spesial yang jadi pilihan utama. Racikan mie spesial ini berisi udang, cumi, daging kambing, dan sapi. Kuahnya boleh memilih untuk dibuat kering, tumis, atau basah. Jadilah kami memesan Mie Aceh Tumis Spesial (Rp 25.000) dengan seporsi Roti Cane Kuah Kari (Rp 13.000).

Roti cane atau flat bread khas Sumatra ini merupakan adaptasi kuliner India. Roti pipih lebar disajikan bersama semangkuk kecil kari. Rupanya kuah kari ini bersi sepotong daging kambing dan pekak. Aroma wangi kari tercium kuat.

Rotinya betekstur flaky, berminyak, dan gurih. Pertama, kami mencelup rotinya ke dalam kuah kari. Rotinya jadi kempes dan terasa gurih pedas. Kuah karinya terasa pas pedas gurih dicocol dengan roti ini.

Sedangkan sepotong daging kambing di dalamnya empuk gurih. Kami pun menikmatinya dengan menaruh daging tersebut di dalam roti. Keduanya berpadu enak karena punya tekstur yang serasi.

Seperti umumnya mie Aceh, mie pesanan kamipun disajikan dalam porsi lumayan besar, nyaris meluap dari piring. Mie hokiian atau mie lidi diselimuti dengan kuah kental kecokelatan. Dilengkapi ?dengan sepiring kecil kerupuk dan irisan jeruk nipis.

Mie yang dibuat nyemek ini bertabur udang kecil, irisan cumi, daging kambing, dan daging sapi. Semuanya dipotong kecil-kecil dengan tambahan tauge, kol, dan sawi.

Tekstur mienya empuk lentur dengan daging kambing dan sapi yang lumayan empuk. Sedikit kucuran jeruk nipis membuat aksen segar dalam suapan mie. Tak terlalu istimewa tetapi mie ini bisa jadi pengganjal perut karena lumayan mengenyangkan!

Mie Aceh Pidie

Food Court D'Hara 24

Jl. Salihara No. 15-16, Pasar Minggu, Jakarta Selatan

Telepon: 085355540301

[] Sumber: detik.com

Baca juga: