BerandaBerita AcehDAU SG dan DOKA Kosong di Kasda Gayo Lues, Begini Penjelasan Kaban...

DAU SG dan DOKA Kosong di Kasda Gayo Lues, Begini Penjelasan Kaban Keuangan

Populer

BLANGKEJEREN – Dana Alokasi Umum Specific Grant (DAU SG) dan Dana Otonomi Khusus Aceh (DOKA) tahap satu tahun 2024 dikabarkan masih kosong di Kas Daerah (Kasda) Gayo Lues. Beredar informasi, akibat kekosongan Kasda itu terpaksa diundur pekerjaaan sejumlah kegiatan.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten (BPKK) Gayo Lues, H. Sukri, S.E., M.M., Selasa, 26 Maret 2024, membenarkan DAU SG dan DOKA Kabupaten Gayo lues tahap satu tahun 2024 belum ditransfer Pemerintah Pusat.

“Untuk DAU SG dan DOKA tahap satu tahun 2024 memang kosong di Kasda, karena belum ditransfer Pemerintah Pusat,” kata Syukri melalui telepon Whatsapp.

Kekosongan DAU SG dan DOKA itu, kata Syukri, bukan hanya terjadi di Gayo Lues, melainkan seluruh Kabupaten Kota di Aceh. Sedangkan untuk pembiayaan dana rutin dan lainya tetap tersedia di Kasda Gayo Lues.

“Pemerintah belum mentransfer DAU SG dan DOKA ke Kabupaten/Kota di Aceh karena tahun 2024 ini menggunakan sistem komplit. Artinya Pemerintah baru akan mentransfer dana tersebut ke Aceh ketika semua kabupaten menyelesaikan laporan, dan jika ada satu kabupaten saja yang belum selesai laporanya, maka dana tersebut belum ditransfer,” jelasnya.

Dari seluruh Kabupaten/Kota yang ada di Aceh, Sukri mengatakan hingga Senin kemarin pukul 21:00 WIB, ada lima kabupaten/kota yang belum menyelesaikan laporan. Sedangkan laporan Kabupaten Gayo Lues sudah lama selesai.

“Semua kabupaten menunggu kelima kabupaten tersebut menyelesaikan laporannya, sehingga DAU SG dan DOKA tahap satu bisa ditransfer Pemerintah Pusat ke Aceh, dan kegiatan yang telah diprogramkan bisa terlaksana dengan baik,” kata Syukri.[]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya