Selasa, Juni 25, 2024

Yayasan HAkA Minta APH...

BANDA ACEH - Berdasarkan pemantauan yang dilakukan Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh...

HUT Ke-50, Pemkab Agara-Bulog...

KUTACANE - Momentum HUT Ke-50, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Tenggara bekerja sama dengan...

Pemilik Gading Gajah Super...

BLANGKEJEREN - Satreskrim Polres Kabupaten Gayo Lues berhasil mengungkap kasus kepemilikan dua gading...

YARA Minta Polisi Transparan...

ACEH UTARA - Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) mendesak kepolisian serius menangani kasus...
BerandaBerita Banda AcehDharmayukti Karini PT...

Dharmayukti Karini PT Banda Aceh Gelar Silaturahmi dan Pengajian

BANDA ACEH – Pengurus Dharmayukti Karini (DYK) Pengadilan Tinggi Banda Aceh, Selasa, 20 Juni 2023, di Gedung Balai Tgk. Chik Di Tiro menggelar silaturahmi dan pengajian Islam. Acara ini digelar dalam rangka memperkuat keakraban antara para istri hakim, istri panitera, dan istri sekretaris dengan seluruh pejabat dan staf Pengadilan Tinggi Banda Aceh.

DYK merupakan wadah beranggotakan wanita peradilan. Sejarahnya, DYK didirikan pada 25 September 2002 melalui SK Ketua Mahkamah Agung RI.
Visi DYK mewujudkan suatu organisasi yang dapat mempersatukan ibu-ibu di jajaran Mahkamah Agung RI dan seluruh Badan Peradilan di Indonesia.

Acara bersahaja ini melibatkan semua pengurus Dharmayukti Karini Cabang dari 22 Pengadilan Negeri seluruh Aceh yang dihubungkan melalui platform zoom meeting. Total peserta hadir dalam acara ini mencapai 300-an orang, baik secara fisik maupun lewat virtual di Gedung Pengadilan Tinggi Banda Aceh.

Kegiatan ini menjadi semakin khidmat saat penyampaian ceramah agama dengan topik “Konsep Hidup menurut Islam dalam Komparasi dengan Filsafat”, disampaikan dengan apik dan sistematis oleh Ustaz Dr. H. Suharjono, S.H., M.Hum.

Dengan mengkaitkan antara firman Allah dalam ayat-ayat suci Alquran, penceramah menjelaskan bagaimana fakta dan seharusnya umat Islam berperilaku. “Kita jangan terjebak pada konsep-konsep Filsafat Barat, baik materialisme, sekularisme, ataupun hedoninisme. Tetapi kita harus bersikap, bertindak, dan berperilaku sesuai doktrin Islam sebagaimana ditegaskan dalam Alquran. Mari kita jadikan Alquran sebagai pegangan hidup kita,” tegas Dr. Suharjono, Ketua Pengadilan Tinggi Banda Aceh, yang rajin mengaji Alquran dan menggemari buku-buku filsafat.

“Saya gembira dan bahagia sekali ini hari. Karena kegiatan silaturahmi dan pengajian ini telah berjalan lancar sebagaimana kami harapkan. Insya Allah, semoga melalui kegiatan ini kita semua menjadi lebih akrab dan bersahabat yang dapat menambah semangat kerja warga pengadilan se-Aceh”.

“Ceramahnya atau kajian Islam juga mantap dan tepat. Semua hadirin khusyuk mendengarkan dengan seksama. Isi ceramahnya sungguh mengena mengenai realita kehidupan sehari-hari yang harus islami,” kata Ny. Narin Suharjono, Ketua Pengurus Dharmayukti Karini Pengadilan Tinggi Banda Aceh.

“Tambahan dari saya, harus kita akui bahwa suguhan hidangan makanan dan minuman pada acara kali ini sungguh lezat dan nikmat. Mantap Bu Taqwa, panitia seksi konsumsi yang menjadikan acara ini lebih happy,” ujar Narin dengan penuh ceria.[](ril)

Baca juga: