Rabu, Juli 24, 2024

Hendry Ch Bangun Tanggapi...

JAKARTA - Ketua Umum Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat Hendry Ch Bangun menegaskan,...

Puluhan Personel Polres Aceh...

LHOKSUKON - Polres Aceh Utara melakukan tes narkoba melalui metode tes urine menggunakan...

Ini Kata Abu Razak...

BANDA ACEH – Venue atau tempat pelaksanaan pertandingan 33 cabang olahraga wilayah Aceh...

DPMPPKB Aceh Utara dan...

ACEH UTARA - Penjabat Bupati Aceh Utara diwakili Plt. Asisten I Sekda Dr....
BerandaBerita AcehDinas Pariwisata Gayo...

Dinas Pariwisata Gayo Lues Gelar Festival Ekonomi Kreatif, Ini Tujuanya

BLANGKEJEREN – Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues akan menggelar Festival Ekonomi Kreatif di Taman Mini Gayo Indah (TMGI) komplek kantor bupati, festival itu digelar pemerintah daerah guna mempromosikan makanan khas Gayo dan tempat wisata yang baru dibangun pemerintah setempat.

Kepala Dinas Pariwisata Gayo Lues Irsan Firdaus didampinggi Aisah, S,E., selaku Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Sabtu, 15 Juni 2024, mengatakan festival itu akan dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 21 Juni hingga tanggal 23 Juni 2024, dengan total hadiah Rp 45 juta.

“Ada tiga kompetisi yang kita adakan, diantaranya kompetisi kuliner, kompetisi barista, dan pameran” katanya.

Untuk kompetisi kuliner, lomba modifikasi masakan tradisional, jumlah peserta yang mendaftar ada delapan group, lomba modifikasi jajanan tradisional yang sudah mendaftar berjumlah tujuh group, kemudian kompetisi barista throwdown V60 Battle, jumlah peserta yang sudah mendaftar ada 20 orang, Gayo Lues Barista Championship 10 peserta, dan pameran produk ekonomi kreatif diikuti lima stand, serta pameran kuliner diikuti tujuh stand.

“Festival ini baru pertama dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Gayo Lues, jadi kami menargetkan masyarakat umum. Tidak harus perwakilan dari kecamatan,” ujarnya.

Dijelaskan Kadis Pariwisata, festival ini terbuka untuk umum, semua perlombaan boleh diikuti dan disaksikan oleh semua orang, dengan maksut agar penonton juga bisa mendapatkan ilmu dalam bidang kuliner dan coaching cupping di kompetisi barista.

“Industri Ekonomi Kreatif dan UMKM di Kabupaten Gayo Lues belum begitu berkembang. Padahal industri ekonomi kreatif saat ini adalah salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. Selain itu Pariwisata akan dirasakan manfaatnya secara optimal jika ekonomi kreatifnya juga berkembang,” kata Irsan.

Dinas Pariwisata berharap, dengan adanya festival ini mampu memotivasi masyarakat untuk ikut terlibat dalam industri ekonomi kreatif dan juga mendapatkan ide-ide segar di bidang kuliner. Dengan demikian dimasa yang akan datang pariwisata maupun produk ekonomi kreatif Kabupaten Gayo Lues akan mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.[]

 

Baca juga: