Jumat, Juli 19, 2024

Inilah Struktur Lengkap Kepengurusan...

BANDA ACEH - Ketua Umum Majelis Syuriah Pengurus Besar Himpunan Ulama Dayah Aceh...

Samsul Azhar Dilantik sebagai...

BANDA ACEH - Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, melantik Samsul Azhar sebagai Pj....

Ini Kata Camat Tanah...

ACEH UTARA - Pemerintah sedang melakukan pendataan bangunan yang rusak akibat diterjang badai...

JPU Tuntut Lima Terdakwa...

BANDA ACEH - Jaksa Penuntut Umum menuntut empat terdakwa perkara dugaan korupsi pada...
BerandaBerita Aceh UtaraDua Terpidana Dicambuk,...

Dua Terpidana Dicambuk, Begini Kata Kajari Aceh Utara

LHOKSUKON – Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Aceh Utara melaksanakan eksekusi hukuman cambuk terhadap terpidana SY (32) dan DI (37), keduanya warga Aceh Utara, di halaman Kejari setempat, Rabu, 23 Februari 2022.

SY merupakan terpidana perkara persetubuhan anak di bawah umur. Sedangkan DI, terpidana perkara judi online chip domino.

Kajari Aceh Utara, Diah Ayu Hartati Listiyarini Iswara Akbari, mengatakan terpidana SY dicambuk sebanyak 100 kali, dan ditambah dengan uqubat ta’zir penjara selama 72 bulan, karena telah melanggar Pasal 34 Qanun Aceh Nomor 6 Tahun 2014 tentang Hukum Jinayat, juncto pasal 64 KUHPidana.

Sedangkan terpidana DI, menurut Diah, sesuai putusan Mahkamah Syariah dihukum cambuk sebanyak 25 kali. Namun, karena sudah dipotong masa penahanan, maka DI menjalani hukuman sebanyak 17 kali cambuk.

“Qanun tentang Hukum Jinayat hanya ada di Aceh. Maka setiap yang melanggar qanun itu akan dilakukan cambuk. Eksekusi cambuk itu bertujuan untuk memberikan pelajaran kepada para pelaku agar ke depan tidak mengulangi kembali perbuatannya. Juga supaya hak-hak korban bisa terakomodir dengan adanya efek jera bagi palaku khususnya perkara jarimah zina,” ujar Diah.

Diah mengajak seluruh elemen dan pihak terkait di Aceh Utara agar terus memberikan pemahaman serta mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang dalam qanun syariat Islam.

“Mari perbanyak kegiatan yang positif, terlebih bagi generasi muda, supaya masa depannya dapat terselamatkan dengan baik,” ucap Diah.

Eksekusi hukuman cambuk itu turut dikawal personel Polres Aceh Utara dan Satpol PP-WH.[]

Baca juga: