BerandaBerita AcehFakultas Pertanian USK Gelar Workshop Pembekalan Calon Magister, Sarjana dan Ahli Madya

Fakultas Pertanian USK Gelar Workshop Pembekalan Calon Magister, Sarjana dan Ahli Madya

Populer

BANDA ACEH – Sejumlah 167 orang calon lulusan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh mengikuti kegiatan workshop pembekalan calon magister, sarjana dan ahli madya periode November 2023 – Januari 2024 di Multy Purpose Room (MPR) Fakultas Pertanian USK, Senin, 19 Februari 2024.

Dalam laporannya  Plt. Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan Dr. Muhammad  Yasar, S.TP., M.Sc, mengatakan bahwa untuk periode November 2023 s.d Januari 2024 Fakultas Pertanian akan mewisuda 167 orang mahasiswa.

“Dan hari ini beruntung mendapat kehormatan kunjungan dari alumni Fakultas Pertanian Jurusan Ilmu Tanah yaitu Abangnda Ir. Heriansyah, S.P yang telah sukses kuliah, bekerja dan juga berumah tangga,” katanya.

Dalam sambutannya Dekan Prof.Ir. Sugianto, PhD berharap adik-adik peserta workshop mampu menyerap ilmu, informasi dan trik -trik bagaimana menjadi lulusan berjiwa entrepreneur dari narasumber hari ini.

Menurut Sugianto, Indonesia masih berada nomor dua dari bawah jika dilihat dari jumlah entrepreneur di ASEAN. Malah kita masih di bawah Vietnam. Peringkat teratas diduduki oleh Singapura, Malaysia dan Thailand. Oleh sebab itu ia mendorong para alumni untuk bergerak di sektor enterpreneur khususnya di sektor pertanian.

Dikatakan sektor pertanian merupakan salah satu penyumbang PDB terbesar di Indonesia. Ia juga mengatakan bahwa  dalam dunia kerja, sektor jasa merupakan yang tertinggi di dunia dan Asia.

Namun, bagi adik-adik hari ini diharapkan, bagaimana menjadi lulusan yang mandiri di sektor pertanian dan dapat bersaing di tingkat global. Selain meningkatan kualitas dan kuantitas sebagai lulusan kedepannya akan lebih dikenal di tingkat dunia.

Akreditasi internasional yang sedang digarap Fakultas Pertanian semoga nanti akan makin di kenal di kancah Internasional. Dengan motto, yes we can! Insyaallah kita akan mampu mewujudkan semua itu.

Sebagai narasumber Heriansyah—Presiden Direktur PT. HPS, yang juga merupakan Head of Officer Triputra Agro Persada. Tbk, mengatakan bahwa peluang kerja sama di bidang penelitian terbuka lebar antara universitas khususnya Fakultas Pertanian dengan sektor swasta.

Dalam hal ini industri kelapa sawit dalam hal pengelolaan limbah menjadi pupuk organik serta pembibitan, yang hari ini sedang dilakukan riset dengan metode kultur jaringan. Semoga adik-adik mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini.

Heriansyah juga memotivasi calon wisudawan dengan pengalaman kerja secara teknis di dunia kerja. Kegiatan ini berjalan sukses dengan moderator Dr. Monalisa, SP., M.Si dosen Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian USK.[] (ril)

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita terkait

Berita lainya