Minggu, Juli 21, 2024

Tokoh Masyarakat Kota Sigli...

SIGLI - Para tokoh masyarakat dari 15 gampong dalam Kecamatan Kota Sigli menyatakan...

Tim Polres Aceh Utara...

LHOKSUKON – Kapolres Aceh Utara AKBP Nanang Indra Bakti, S.H., S.I.K., bersama jajarannya...

Pasar Malam di Tanah...

SIGLI - Kegiatan hiburan Pasar Malam yang digelar di tanah wakaf Tgk. Dianjong,...

Tutup Dashat, Kepala DPMPPKB...

ACEH UTARA – Kegiatan Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) yang dilaksanakan secara serentak...
BerandaBerita Gayo LuesGayo Lues Akan...

Gayo Lues Akan Gelar Pacuan Kuda Tradisional Memperebutkan Hadiah Rp 264 Juta, Wisatawan Dipersilahkan Menonton

BLANGKEJEREN – Pemerintah Kabupaten Gayo Lues bersama Pordasi akan menggelar pacuan kuda tradisional dalam rangka memeriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI. Pelaksanaanya akan berlangsung selama satu Minggu dengan memperebutkan hadiah Rp 264 juta.

Ketua Pordasi Gayo Lues Anwar bersama Irsan Firdaus Kepala Dinas Pariwisata dan Ena Malikussaleh Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Selasa, 30 Agustus 2022, mengatakan Pacuan Kuda Tradisional akan diselenggarakan mulai tanggal 12 September 2022 sampai dengan tanggal 18 September 2022 di Stadion Buntul Nege Blangkejeren.

“Jumlah kuda yang akan bertanding diperkirakan mencapai 200 lebih, karena Pordasi Gayo Lues akan mengundang pemilik kuda dari Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Aceh Tenggara, Tanah Karo, Siborong-Borong Tapanuli Utara, dan Serdang Bedagai,” katanya.

Selain itu, Pordasi Gayo Lues juga mengundang Pj Gubenur Aceh, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Bupati Aceh Tengah, Bupati Bener Meriah, Bupati Tanah Karo, Bupati Tapanuli Utara, dan Bupati Serdang Bedagai untuk menyaksikan lomba pacuan kuda tradisional Gayo Lues.

“Siapapun yang hendak menonton pacuan kuda tradisional ini kita persilahkan, tidak dipungut tiket, baik pencintan kuda di Gayo Lues, pencinta kuda luar daerah, maipun wisatawan manca negara, pacuan kuda ini terbuka untuk umum,” jelasnya.

Pegelaran pacuan kuda tradisional Gayo Lues kata Anwar akan dibagi menjadi 12 kelas, baik kelas kuda lokal, kuda kelas A, kelas B dan kelas lainnya, semua pemenang dalam kelas itu diberikan hadiah yang berpariasi sesuai dengan kelas masing-masing.[]

 

Baca juga: